BULA, Siwalimanews – Pejabat Sementara Bupati Seram Bagian Timur Djalaludin Salam­pessy mengajak ASN untuk bersama-sama membangun negeri dengan melakukan kerja cerdas.

“ASN yang mampu bersama-sama menggerakkan masyarakat untuk mengelola sumber daya alam dan kekayaan yang ada karena kabu­paten ini butuh sentuhan, butuh kemampuan, kata salampessy ketika memimpin apel di kantor bupati belum lama ini.

Ia menjelaskan ASN mampu mendorong ketahanan pangan dirinya sendiri untuk keluarganya bahkan kalau lebih itu lebih baik.

“Itu artinya program-program kita ke depan harus bisa bagaimana menggairahkan semangat masyarakat untuk membangun negeri ini, pintanya.

Ia merincikan capaian stunting Kabupaten SBT di angka 27,3 persen, pertumbuhan ekonomi juga biasa-biasa saja, Indeks Pembangunan Manusia juga belum memenuhi target yang inginkan.

Baca Juga: Kasus Stunting Meningkat, Kaya Minta Kerja Lebih Giat

Menurutnya kemampuan ekonomi merupakan bagian yang harus dituntaskan melalui pergerakan dari ASN.

“Sudah dua hal yang saya sampaikan netralitas ASN dan kemudian produktivitas dalam berbagai hal-hal terkait utamanya untuk capaian capaian yang harusnya kita capai secara bersama,” ingatnya.

Untuk itu ia mengajak seluruh ASN untuk hadir tepat waktu, menghormati mampu bekerja sama atau tidak bekerja sendiri-sendiri.

“Kerja- kerja itu harus berkemampuan untuk dapat juga berkolaborasi kalau tidak maka capaian itu tidak akan maksimal,” ujarnya.

Lebih lanjut kata dia, sektor pariwisata juga belum bergerak dengan baik termasuk sektor investasi dalam mendukung peningkatan PAD.

‘Kemarin sudah berbincang-bincang soal PAD. Setelah saya melihat beberapa data dan pelajari, lahan kita yang luas ini, kita membutuhkan kehadiran mereka (investor). Namun harus tetap memperhatikan tradisi dan adat budaya kita, kearifan lokal kita harus tetap kita jaga,” ingatnya.

Di sektor perikanan ia juga harus terus didorong dengan tetap memperhatikan kearifan lokal yang ada.

“Sektor perikanan pun sama, kearifan lokal kita harus merupakan bagian yang kita dorong namun tetap sebagaimana saya katakan tadi memperhatikan kondisi-kondisi kearifan lokal kita,” tandasnya.

Olehnya itu ia berharap semua ASN maksimal dalam bekerja dan berkolaborasi dengan sektor-sektor yang lain.

“Saya melihat belum ada kemampuan dan kerjasama dari masing-masing OPD, capaian capaian yang dicapai masih bersifat parsial, masih bersifat sektoral belum secara kolaboratif sinergi. Dan ini yang seharusnya menjadi bagian yang didorong untuk mencapai kemajuan secara bersama,” pungkasnya. (S-27)