MASOHI, Siwalimanews – Penjabat Bupati Maluku Tengah Rakib Sahubawa melakukan inspeksi mendadak ke Pasar Binaya Masohi. Langkah ini dilakukan bupati, sebagai upaya Pemkab Malteng untuk mengendalikan inflasi.

Pantauan Siwalimanews saat sidak tersebut,Selasa (19/9) bupati saat tiba di pasar Binaya langsung mengecek sejumlah harga bahan kebutuhan pokok yang tersedia di pasar tersebut.

Semua jenis sembako mulai dari beras, minyak goreng, telur, gula serta  lain sebagainya tak luput dari inspeksi orang nomor satu di bumi Pamahanu-Nusa itu.

Bahkan, bupati beberapa kali terlihat bercengkrama dengan sejumlah pedagang sekaligus bupati menanyakan harga barang, bahkan sesekali langsung membeli dagangan para pedagang.

Sekertaris Dinas Perindag Malteng Fadly Tuarita yang ikut dalam rombongan pejabat Bupati saat itu menjelaskan, langkah yang dilakukan bupati adalah, sebagai wujud dari upaya pemerintah kabupaten mengendalikan inflasi.

Baca Juga: Daud Reimialy Jabat Pjs Sekda MBD

“Langkah pak penjabat ini memang untuk mengendalikan inflasi dengan turun langsung melihat situasi pasar dan harga barang yang tersedia di pasaran,” ucap Tuarita.

Ia menyebutkan, secara umum barang kebutuhan pokok di Pasar Binaya Masohi berada pada kondisi stabil. Olehhya sesuai arahan penjabat bupati, pihaknya akan terus berupaya membangun koordinasi dengan para pedagang agar buffer stok tetap tersedia guna menjamin kestabilan harga di pasaran.

“Tentu akan ada tindak lanjutnya dengan terus berkomunikasi dan koordinasi dengan para pedagang agar buffer stok tetap tersedia, dengan demikian harga barang dapat terus terpantau dan aman serta tidak mengalami kenaikan harga,” pungkasnya.

Untuk diketahui Penjabat Bupati Malteng Rakib Sahubawa saat melakukan sidak didampingi Dandim 1502 Masohi Letkol Czi M Jusuf Aksa, perwaklan dari Kejari Malteng, Sekretaris Disperindag Fadli Tuarita, Kadis Infokom J Tomasoa, Kabag Umum Rus Latuconsina dan Kabag Humas N Halattu.(S-17)