MASOHI, Siwalimanews – 149 Jamaah Calon Haji asal Kabupaten Maluku di lepas oleh pemerintah kabupaten menuju ke tanah suci Mekkah.

Pelepasan ratusan JCH itu dilakukan oleh Penjabat Bupati Maluku Tengah Rakib Sahubawa di Islamic Center, Kota Masohi, Sabtu (1/6).

Di sela-sela pelepasan rombongan JCH itu,  bupati minta agar para jamaah menjaga kekompakan saat berada di tanah suci nanti.

“Saya juga berpesan kepada saudara-saudara untuk selalu jaga kekompakan dan kebersamaan selama berada di tanah suci. Bantulah satu sama lain, dan jadilah duta yang baik bagi Kabupaten Maluku Tengah. Ingatlah bahwa setiap tindakan dan perilaku kita akan mencerminkan citra bangsa dan daerah kita,” pinta Sahubawa.

Bupati mengaku, ibadah haji merupakan rukun Islam kelima dan menjadi dambaan setiap Muslim untuk dapat melaksanakannya. Ibadah ini, tidak hanya memerlukan kesiapan fisik dan mental, tetapi juga kesiapan spiritual yang kuat.

Baca Juga: Lima Mantan Komisioner KPU Aru Dihukum 1,6 Tahun Bui

“Jadikanlah momen ini sebagai kesempatan untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT dan memperbaiki diri menjadi hamba-Nya yang lebih baik,” ucap Sahubawa.

Ia juga mengapresiasi kepada semua pihak, yang telah bekerja keras mempersiapkan terselenggaranya keberangkatan para JCH ini.

“saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bekerja keras dalam mempersiapkan keberangkatan jamaah haji kita, mulai dari petugas kesehatan, keamanan, hingga panitia penyelenggara. Semoga segala usaha dan kerja keras kita mendapatkan ridho dari Allah SWT,” tutur Sahubawa.

Untuk diketahui rombongan JCH asal Malteng sebanyak 149 orang ini terdiri dari 59 jamaah laki-laki dan 90 jamaah wanita. JCH Malteng ini akan bergabung dengan JCH dari kabupaten lain di Ambon untuk selanjutnya berangkat ke Mekkah.(S-17)