PENJABAT Bupati Malteng, Rakib Sahubawa mengajak seluruh warga kabupaten bergelar Pamahanu-Nusa itu untuk mendoakan jamaah haji asal daerah itu yang wafat di saat melaksanakan ibadah di Mekkah, Arab Saudi.

Ajakan Penjabat Bupati Malteng itu, disampaikan Asisten III Setda Malteng, Bahrum Kalauw saat membaca sambutan Penjabat Bupati ketika menerima rombongan jemaah haji kabupaten tertua di Maluku itu di Masjid Ibnu Abdulah Masohi, Selasa (16/7).

Ajakan Sahubawa ini menyusul dua jemaah haji asal Malteng wafat saat melaksanakan ibadah haji. Sedangkan  satu orang jemaah tidak sempat pulang,sebab sedang mendapat perawatan intensif di Mekkah hingga saat ini.

Kedua jemaah haji Malteng yang wafat itu masing masing, Hi Gustiari Pawae dan Hi Hamid Latuconsina sedangkan satu haji lainnya yang sedang mendapat perawatan di tanah suci Mekkah adalah Hj Jadilah Lumakapul.

“Atas nama pemerintah daerah, saya mengucapkan turut berduka cita dan belasungkawa yang mendalam, dan mari kita doakan semoga kedua almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan serta keikhlasan.Mari pula kita sama-sama berdoa, semoga Ibu Hj. Hadijah Ely Lumakapul bisa segera pulih dan sehat sehingga dapat kembali ke tanah air untuk berkumpul bersama dengan keluarga,” tandas Sahubawa.

Baca Juga: DPRD Desak BWS Tangani Dampak Jebolnya Bendungan Waiapo     

Selain menyampaikan belasungkawa kepada keluarga para jamaah itu  Sahubawa pun menyampaikan sambutan selamat datang kepada jamaah haji asal kabupaten Malteng.

“Perjalanan suci yang telah bapak dan Ibu haji tempuh ke Tanah Suci Makkah merupakan anugerah besar dari Allah SWT dan merupakan rukun Islam yang kelima. Semoga seluruh ibadah yang telah dilaksanakan diterima oleh Allah SWT dan menjadi haji yang mabrur,”tandasnya.

Untuk diketahui,  jumlah jEmaah haji Malteng yang berangkat melaksanakan ibadah haji berjumlah 149 jemaah.namun saat kembali hanya  sejumlah 146 orang jamaah. Hal ini sebab terdapat tiga orang jamaah wafat saat melaksanakan ibadah,sedangkan satu lainnya masing di rawat di Mekah Arab Saudi.

Penjabat Bupati berharap, nilai- nilai kebaikan yang diperoleh para jemaah saat melaksanakan  ibadah di tanah suci Mekah dapat diaktu­alisasikan dalam kehidupan sesehari.

“Saya berharap, nilai-nilai kebai­kan, kesabaran, keikhlasan, dan ketakwaan yang telah diperoleh se­lama menjalankan ibadah haji dapat terus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Marilah kita semua berusaha untuk menjadi pribadi yang lebih baik, lebih peduli, dan lebih bertanggung jawab terhadap sesama. Kepada para petugas yang telah membantu pelaksanaan ibadah haji tahun ini, saya ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnyA atas semua pengabdian dan dedikasinya saat mendampingi jamaah haji Malteng,selama perjalan  ibadah haji di tanah suci Mekkah,” tutup Sahubawa. (S-17)