AMBON, Siwalimanews – Dari 4.753 desa dan negeri wisata yang mengikuti kompetisi anugerah desa wisata Indonesia atau ADWI 2023 yang diselenggarakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif , Negeri Rutong berhasil menempati peringkat ke-4 nasional  Desa Wisata Digital dan Konten Kreatif se-Indonesia, sekaligus meraih juara harapan I.

Sebelumnya, dari 4.753 peserta, Negeri Rutong masuk pada urutan ke-75, dan setelah diseleksi kembali akhirnya Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menetapkan Negeri Rutong menempati peringkat ke-4 atau meraih juara harapan.

Raja Negeri Rutong Reza Maspaitella bersama warganya,  Selasa (29/8) sore, menuju Balai Kota untuk melaporkan keberhasilan mereka ke Pemkot Ambon dan diterima oleh Penjabat Walikota Bodewin Wattimena didampingi Wakil ketua DPRD Rutsam Latupono, Ketua Komisi I DPRD Kota Jafry Taihuttu serta Kadis Pariwisata Rico Hayat.

Walikota saat menerima warga Rutong di depan balai Kota mengatakan, Ini bertepatan dengan Kota Ambon memasuki usia ke-448, yang mana kembali memperoleh hadiah dari jajaran pemerintahan yang paling bawah, yaitu Negeri Rutong. Penghargaan ini sebagai bentuk pembangunan kota dari bawah.

“Pemkot hanya berfungsi sebagai koordinator, pembimbing bagi desa/negeri dan kelurahan. Ini bukti peran aktif dari para raja yang menjadi lokus dari potensi-potensi wisata yang ada. Saya mau bilang ini luar biasa. Kalau semua desa bisa melakukan sama dengan Rutong, itu jauh lebih bagus. Kita tidak bermaksud mengucilkan desa lain, tetapi saya mau bilang, bahwa Rutong termasuk negeri yang siap dan mau berkembang seiring perkambangan zaman saat ini,” ujar walikota.

Baca Juga: Bupati Minta Kades Berinovasi Dongkrak PAD

Kepada perangkat negeri dan masyarakat, walikota menyampaikan terima kasih, karena telah bahu-membahu mendukung ini semua, sehingga Rutong bisa berada diposisi ini.

“Kita tentu berharap bertepatan dengan perayaan HUT Kota Ambon, piala atau penghargaan ini menjadi motivasi bagi kita semua. Jangan mengejar soal piala, itu hanya bonus, tetapi bagaimana kita bisa membangun kota ini menjadi lebih baik lagi kedepan,” pinta walikota.(S-25)