AMBON, Siwalimanews – Manuver politik Richard Louhenapessy un­tuk menggalang duku­ngan DPP Golkar tak membuahkan hasil. Ia akhirnya berbalik men­du­kung Ramly Umasugi memimpin Golkar Ma­luku.

Awalnya RL, sapa­annya berupaya melobi DPP untuk meminta restu memimpin Golkar Maluku. Walikota Ambon ini menghindari perta­rungan dengan RU, sapaan Ramly Umasugi. Sebab, ia tahu RU sudah mendapatkan dukungan mayoritas pemilik suara.

RL lalu bergerilya. Sejumlah petinggi partai kuning itu ditemui, termasuk Ketua Umum Airlangga Hartarto untuk meminta restu memimpin Golkar Maluku.

Manuver yang dilakukan RL juga disokong oleh sejumlah politisi Golkar di DPP. Selain Airlangga, RL juga menemui Ahmad Doli Kurnia, Wakil Ketua Umum Bidang pemenangan pemilu.

RL berharap ada restu dari DPP, dengan menugaskannya untuk memimpin Golkar Maluku. Karena itu, RL yang dikonfirmasi selalu menegaskan, dirinya tidak ingin bertarung dengan RU. Namun kalau diperintahkan partai, ia siap melaksanakan.

“Kemarin saya dihubungi bebe­rapa DPP untuk siapkan diri untuk itu, saya sudah bilang saya ngga, kalau perintah saya laksanakan, tetapi kalau disuruh untuk bertanding saya ngga, silakan anak-anak muda untuk bertarung,” tandas RL, kepada wartawan, usai membuka Forum Koordinasi Kepegawaian Lingkup Pemerintah Kota Ambon, di Lantai III Hotel Marina, Kamis (27/2).

RL menegaskan, tidak ingin bersaing dengan siapapun dalam perebutan kursi Ketua DPD I Golkar Maluku, termasuk dengan RU.

“Kalau perintah saya laksana­kan, tetapi kalau disuruh untuk bertanding saya ngga, silakan anak-anak muda untuk bertarung. Kita support saja, apalagi saya lihat pak Ramly sudah begitu antusias untuk mau maju, ya kita dorong saja,” ujarnya.

Manuver politik yang dilakukan gagal, RL yang juga Ketua DPD Golkar Kota Ambon berbalik men­dukung RU untuk memimpin Golkar Maluku periode 2020-2025.

Dukungan itu diberikan melalui surat DPD Partai Golkar Kota Ambon Nomor: R-85/DPD-PG/KA/III/2020 tertanggal 6 Maret 2020.

Surat yang ditujukan kepada Pimpinan Musda X DPD Partai Golkar Provinsi Maluku, perihal Pencalonan Ramly Umasugi sebagai Ketua DPD Partai Golkar Maluku 2020-2025 itu, diteken oleh Richard Louhenapessy selaku Ketua DPD Golkar Kota Ambon dan Max. M. Siahay selaku sekretaris.

Dalam surat yang sudah beredar luas di media sosial facebook itu, menyatakan dengan sungguh-sungguh bahwa, kami mendu­kung, mencalonkan dan memilh bapak Ramly Umasugi sebagai Ketua DPD Partai Golkar Provinsi Maluku masa bakti 2020-2025 dan tidak mencalonkan nama lain, bahwa dengan ditandatanganinya surat ini, bila terdapat surat-surat lain yang isi dan tujuannya sama maka yang akan berlaku adalah surat pencalonan untuk Ramly Uma­sugi sebagai Ketua DPD Par­tai Golkar Provinsi Maluku masa bakti 2020-2025, dan surat ini tidak dapat dibatalkan atau dicabut tanpa sepengetahuan dan perse­tu­juan bapak Ramly Umasugi.

Surat dukungan DPD Golkar Kota Ambon itu, diserahkan Max Siahay kepada RU tadi malam. Dengan demikian, 11 DPD Golkar yang ada di Maluku resmi men­dukung RU. (S-16)