AMBON, Siwalimanews – Sekretaris Kota Ambon Agus Ririmase meminta kepada masyarakat teruatama kepada para ketua RT dan RW di Desa Poka untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat menjelang pilkada serentak tahun ini.

RT/RW merupakan bagian dari roda pemerintahan di Kota Ambon, yang mana fungsi dan peran RT/RW yang secara langsung berada di tengah-tengah masyarakat dan menjadi perpanjangan tangan dari para pimpinan, baik kepala desa, raja, lurah, camat hingga pimpinan tertinggi.

“Untuk menjalankan roda pemerintahan, pemkot tidak bisa bekerja sendiri tetapi melibatkan semua pihak pemangku kepentingan dalam menyelenggarakan proses pembangunan, sebab harus ada kerjasama kolaborasi dari tingkat RT/RW hingga ke Pemkot Ambon,” ungkap Ririmasse.

Peran RT/RW dalam menciptakan lingkungan yang aman dan tentram kata Ririmasse sangat diperlukan, terutama Kota Ambon yang di tahun ini akan menggelar pilwalkot.

“RT jaga status ketertiban dan keamanan dalam rangka Pilwalkot. Siapapun yang jadi pemimpin, itu sudah ditentukan oleh Tuhan Yang Maha Esa,” ucap Ririmasse.

Baca Juga: Terbukti Terima Mahar Rekomendasi, PDIP Ancam Sanksi Kader

Untuk itu, Ririmasse mengimbau agar RT/RW untuk jangan mengintimidasi maupun mempengaruhi warga agar memilih kandidat tertentu. Namun RT/RW mestinya mengarahkan agar masyarakat ikut menyukseskan pilkada dengan memberikan hak suaranya sesuai ketentuan undang-undang.

“Saya sadar betul, saat ini saya juga maju sebagai salah satu calon walikota, tetapi saya tidak pernah mengintimidasi atau mengarahkan RT/RW untuk pilih saya. Biarkan nanti masyarakat yang menentukan siapa pemimpinnya sesuai hati nurani,” tandas Ririmasse.

Dengan begitu, masyarakat akan leluasa dalam menentukan sikap, sehingga siapapun pemimpin yang akan terpilih nanti, bisa membawa Kota Ambon menjadi lebih maju dan lebih baik lagi kedepan.

“Ada perbedaan antara masyarakat itu hal wajar, tetapi sebagai RT/RW tetap jaga kamtibmas di tengah-tengah masyarakat. Tidak hanya jelang pilkada saja, tetapi setiap saat, setiap waktu kita harus jaga kamtibmas,” cetus Ririmasse.(S-29)