AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Kota berencana melakukan renovasi gedung pasar kecamatan yang ada di Kota Ambon. Ini pertanda Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Dispe­rindag) Kota Ambon hanya menghamburkan uang daerah.

Kepala Disperindag, Sirjhon Slarmanat mengungkapkan secara fisik ada beberapa bangunan pasar yang harus diperbaiki lantaran lama tak difungsikan sehingga ada beberapa fasilitas yang rusak, bahkan beberapa sarana penunjang juga belum terpenuhi.

Dirinya mencontohkan salah satunya adalah pasar Wainitu yang berada di kecamatan Nusaniwe. “Pasar di Wainitu itu gedung sudah disiapkan tetap akses belum ada,” katanya kepada Siwalima di ruang kerjanya, Selasa (12/10).

Kemudian ada beberapa pasar lainnya juga yang sampai dengan saat ini belum difungsikan lantaran alasan tersebut. “Kemudian pasar Air Kuning Kecamtan Sirimau. Ada beberapa item gedung juga yang sudah tidak layak sehingga harus dilakukan perbaikan,” bebernya.

Lanjutnya, termasuk pasar yang berada di Airlow. Katanya fasilitas gedung pun tak memadai sehingga pasar tersebut masih belum juga difungsikan. Oleh sebab itu pihaknya sementara diupayakan untuk melakukn perbaikan. “Tetapi pada prinsipnya gedung atau pasar yang sudah disiapkan itu menjadi konsep untuk segera ditata untuk kemu­-dian yang rusak itu semen­tara diupayakan untuk diper­-baiki,” ungkap Slarmanat.

Baca Juga: Vaksinasi Syarat Belajar Tatap Muka

Mengingat saat ini masih banyak anggaran yang diperuntukan bagi penanganan Covid-19. Sehingga pihknya sampai dengan saat ini hanya mendata pasar mana saja yang akan direnovasi guna difungsikan mengingat proses revitalisasi yang segera akan berjalan. Namun, masih banyak pedagang yang belum memiliki lapak. (S-52)