AMBON, Siwalimanews – Ratusan siswa calon Bintara dan Tamtama mulai mengikuti Pendidikan dan Pembentukan Bintara (Diktuba) di SPN Polda Maluku, Passo, Selasa (7/2).

Proses dimulainya pendidikan ditandai dengan upacara pembukaan dimana sebagian siswa dimandikan dengan air oleh Wakapolda Maluku, Brigjen Stephen M. Napiun yang disaksikan oleh sejumlah pejabat utama polda.

Dalam amanat Kalemdiklat Polri, Komjen Rycko Amelza Dahniel yang dibacakan oleh jenderal bintang satu itu mengucapkan selamat selamat kepada siswa yang telah dinyatakan lulus seleksi dan ditetapkan menjadi peserta didik.

“Program pendidikan pembentukan Bintara dan Tamtama Polri 2023 diselenggarakan dalam dua gelombang dengan lama pendidikan selama lima bulan,” ungkapnya.

Sesuai dengan kebijakan Kapolri dalam program pransformasi Polri yang presisi, pendidikan menjadi aspek penting dalam mempersiapkan SDM yang unggul di era police 4.0.

Baca Juga: Ribuan Warga Kota Ambon Belum Miliki e-KTP

Ia juga meminta para siswa agar selalu disiplin dan patuhi protokol kesehatan, jangan lengah, jangan kendor guna mencegah penyebaran covid 19 di lingkungan kampus Polri.

“Ikuti semua proses pendidikan dengan tekun, penuh semangat dan selalu riang gembira, serta tanamkan tekat dan motivasi yang kuat bahwa selama berada di lembaga pendidikan adalah untuk belajar, berlatih dan menempa diri,” katanya.

Para siswa juga diminta mempersiapkan fisik dan mental selama mengikuti pendidikan.

Selain itu hindari pelanggaran sekecil apapun dan patuhi seluruh peraturan serta ketentuan yang sudah ditetapkan oleh lembaga.

“Saya titipkan para peserta didik, agar dibentuk menjadi polisi sejati yang siap memberikan pelayanan, perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat,” tandasnya. (S-10)