PIRU, Siwalimanews – Ratusan siswa SMA dan SMK di Kabupaten Seram Bagian Barat mengikuti sosialisasi tentang Museum.

Sosialisasi yang dilakasanakan UPTD Museum Siwalima Ambon ini berlangsung di Gedung SMAN 3 Seram Barat dengan mengusung tema: Mengembangkan Kreatifitas dan Jati Diri Anak Bangsa Melalui Kegiatan Sosialisasi Museum Masuk Sekolah, yang, Kamis (21/4).

Dalam sosialisasi ini, beberapa materi yang dibawakan, terkiat keberadaan Museum Siwalima, sejarah dan budaya yang dipaparkan oleh Korator Koleksi Musem Siwalima Reno Matitaputy, Tia Toisuta, dan Kasie Teknis Permusiman Nona Kiriweno.

Kepala UPTD Museum Siwalima Ambon Darwis J Lawalata kepada  Siwalimanews disela-sela sosialisasi itu menjelaskan, kegiatan ini sangat penting diikuti oleh para siswa SMA, SMK dan sederajat, dengan harapan, mereka bisa belajar, bukan saja didalam kelas, namun juga diluar kelas, bagimana mengenal sejarah atau budaya Maluku.

“Kalau belajar di luar kelas, itu bisa pengaruhi daya pikir mereka dan ternyata saat mengikuti sosialisasi para siswa terlihat semangat dan  kemampuan siswa untuk mengetahui sejarah dan budaya sangat tinggi,” tuturnya.

Baca Juga: Kasus Pembunuhan di Mangga Dua Siap Disidangkan

Menurutnya, generasi muda sebagai kaum millenial resah terhadap perkembangan generasi saat ini, walaupun disebut sebagai kaum millenial, tetapi itu juga mereka harus bentengi diri mereka, agar tidak terpengaruh terhadap moderenisasi.

Sosialisasi ini juga bertujuan untuk memperkenalkan koleksi museum dan situs-situs sejarah yang ada di museum ini, sebagai sarana edukasi bagi peserta didik, dalam upaya semakin mencintai budaya dan sejarah di daerah.

“Selaku UPTD kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu hingga terlaksananya kegiatan sosialisasi ini dapat berjalan dengan baik. Untuk itu juga harapan saya agar para siswa di SBB tidak segan-segan mengunjungi Museum Siwalima supaya lebih tahu lebih dalam lagi sejarah dan budaya Maluku,” harapnya.(S-13)