AMBON, Siwalimanews – Komisi Pemilihan Umum  Kota Ambon, menggelar Rapat Koordinasi Dukungan Teknis Pencalonan dan Sosialisasi Visi Misi Sesuai Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Dalam Pilkada Serentak Tahun 2024, yang berlang­sung disalah satu hotel di Ambon, Rabu (24/7).

Kegiatan ini menghadirkan beberapa Narasumber, seperti Kepala Bappeda Kota Ambon, Enrico Matitaputty, Akademisi Dr. Safrudin Bustam Layn yang juga mantan komisioner KPU Kota Ambon, pihak Kepolisian, Kejaksaan, Pengadilan Negeri Ambon, Lapas Klas IIA Ambon dan Sekregaris Dinas Kesehatan Kota Ambon.

Kegiatan ini melibatkan perwakilan partai politik, perwakilan pemuda, tokoh Agama, tokoh masyarakat dan Jurnalis.

Pada kesempatan itu, Ketua KPU Kota Ambon, Kaharudin Mahmud disela-sela pembukaan kegiatan dimaksud mengatakan, sesuai Peraturan KPU nomor 2 tahun 2024, KPU Kota Ambon telah melaksanakan tahapan yang didalamnya ada dua tahapan, yakni persiapan dan penyelenggaraan, yang mana pada tahapan persiapan, telah dilaksanakan yang namanya perencanaan penganggaran serta lainnya yang berkaitan dengan tahapan Pilkada Seren­tak 2024. Termasuk melakukan pemutahiran data pemilih.

“Kami berterima kasih kepada sleuruh masyarakat yang sudah membantu penyelenggara yang sudah berpartisipasi dalam hal memberikan data secara otentik kepada petugas datang ke rumah  warga. Dan ini tahapan persiapan yang terakhir dan kemudian kita akan masuk kepada tahapan penyelenggaraan yang dimulai dengan proses pendaftaran Bakal Calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah,”jelasnya.

Baca Juga: Coklit Pilkada 2024 Tuntas di Aru

Dia menjelaskan, bahwa proses oendaftaran sendielri akan dibuka sejak 24 Agustus 2024 dan akan dimulai pendaftaran pada tanggal 27-29 Agustus 2024.

Selanjutnya, proses tahapan verifikasi administrasi akan dilakukan pada tanggal 22 September 2024 sebelum para Balon ditetapkan sebagai Paslon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah yang akan bertarung di 27 November 2024.

“Setelah itu sudah mulai star dengan tahapan kampanye dan sebagainya,”ujarnya.

Dia berharap, kegiatan ini dapat bermanfaat bagi peserta Rakor, karena ini menjadi dasar sesuai dengan regulasi.

“Dan dari sini juga akan memberikan kiat-kiat visi-misi yang baik dari para calon kepala daerah dan wakil kepala daerah agar sinkron dengan rencana pembangunan jangka panjang,” ujarnya. (S-25)