AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Kota Ambon meraih penghargaan sebagai kota terbaik ke-3 yang aktif mendukung program pengendalian Resistensi Antimikroba (AMR) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI.

Penghargaan bagi Kota Ambon diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Budi Gunadi Sadikin, didampingi Plt Kepala Badan POM,  Rizka Andalusia kepada Penjabat Walikota Ambon, Bodewin M. Wattimena, di Jakarta, Minggu (4/2).

Yang mana apa yang diraih oleh Pemkot Ambon, merupakan hasil Kolaborasi BPOM di Ambon dan Pemerintah Kota Ambon, dalam upaya peningkatan kesadaran (awareness) yang lebih masif dan terimplikasi lebih luas terkait urgensi pengendalian resistensi antimikroba.

Hal ini sesuai amanat Peraturan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Nomor 7 Tahun 2021 tentang Rencana Aksi Pengendalian Resistensi Antimikroba dan Peta Jalan Pengendalian Resistensi Antimikroba Badan POM tahun 2020-2024.

“Penghargaan yang diberikan merupakan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para pimpinan daerah yang telah menunjukkan komitmen dan konsistensi nyata dalam mewujudkan dukungannya,” ungkap Wattimena.

Baca Juga: Kejati Maluku Siap Wujudkan WBK dan WBBM

Dengan adanya penghargaan tersebut, dirinya berharap seluruh jajaran Pemkot Ambon akan bekerja lebih giat terutama dalam kolaborasi dengan BPOM di Ambon dalam pengawasan dan pengendalian AMR, serta menjadi pengingat akan komitmen yang harus dilaksanakan dan diimple­mentasikan dalam edukasi Pengen­dalian Antimikroba kepada tenaga kesehatan dan masyarakat luas.

“Kolaborasi antara Pemkot dengan BPOM dengan stakeholder terkait lainnya harus terus dilaksanakan,” tambahnya.

Ditambahkan, penghargaan ini menjadi pemicu bagi kabupaten/kota lainnya di Provinsi Maluku untuk bersinergi dalam meningkatkan perannya dalam pengendalian Antimikroba. (S-29)