Namlea, Siwalimanews –  Hujan deras yang melanda Kabupaten Buru, pada Selasa (6/4) mengakibatkan banjir di Desa Walau Kecamatan Waplau serta bencana angin puting beliung yang menerpa Desa Sawah, Kecamatan Lilialy.

Akibat angin puting beliung yang terjadi di Desa Sawah, menyebabkan 6 rumah warga serta satu Musholah dan tiga ruangan kelas pada kompleks persekolahan Tsnawiyah LKMD Desa Sawah, rusak akibat bencana itu.

Sekda Buru, Ilyas Hamid didampingi Kepala BPBD Hadi Zulkarnaen dan sejumlah pimpinan OPD langsung turun meninjau lokasi bencana tersebut.

Kabag Humas Pemkab Buru Umar Karepesina, kepada Siwalimanews membenarkan bahwa, setelah mendapatkan informasi bencana tersebut, maka seluruh perangkat pemda dibawah pimpinan sekda langsung bergerak menuju ke lokasi kejadian di Desa Sawah.

Baca Juga: Aliran Listrik di Sejumlah OPD Diputus

Setelah sampai di lokasi bencana, Sekda langsung memerintahkan agar mendata kerusakan baik itu rumah warga, fasilitas umum yang rusak serta jumlah korban jiwa akibat bencana itu untuk menerima bantuan sebagaimana mestinya.

“Selain meninjau lokasi bencana angin puting beliung, Sekda beserta rombongan juga bergerak menuju lokasi bencana banjir yang melanda Pasar Desa Walau, Kecamatan Waplau,” ujar Kabag.

Sesampainya di Desa Waplau, diketahui banjir setinggi 1 meter merendam kurang lebih 15 rumah yang ada di kompleks itu. Sekda langsung memberikan bantuan sembako kepada para korban bencana yang diberikan melalui Kepala Desa Walau. (S-31)