DOBO, Siwalimanews – Tim survei re akreditasi dari Lembaga Penyelenggara Akreditasi Pelayanan Kesehatan Paripurna (LPA-PKP) Maluku melakukan penilaian terhadap Puskesmas Dobo.

Bupati Kepulauan Aru di hadapan tim survei memastikan kalau selama in Puskesmas Dobo sudah mempersiapkan segala sesuatunya termasuk penilaian.

“Saya harap dengan penilaian ini Puskesmas Dobo dapat meningkatkan manajemen kualitas kinerja dan pelayanan kepada masyarakat,” ingatnya.

Dengan terakreditasi Puskesmas Dobo ke depan manajemen kinerja dan pelayanan kesehatan kepada masyarakat harus lebih ditingkatkan.

Pertama saya ingatkan untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan puskesmas yang berorientasi pada peningkatan mutu dan keselamatan pasien,” tegasnya.

Baca Juga: Pimpinan & Banyak Anggota Absen di Perayaan Natal DPRD

Selain itu ia juga meningkatkan soal sumber daya manusia dan efisiensi standar administrasi, rasionalisasi biaya serta menciptakan lingkungan internal puskesmas yang lebih kondusif untuk penyembuhan, pengobatan dan perawatan pasien.

Tidak hanya itu, petugas pus­-kesmas juga harus menghormati hak-hak pasien serta memberikan jaminan kepuasan serta perlindungan kepada masyarakat atas pelayanan kesehatan.

“Dewasa ini masyarakat semakin sadar untuk memilih layanan kesehatan yang berkualitas dan terpercaya untuk pelayanan kesehatan,” jelasnya.

Untuk itu, dibutuhkan sebuah pengawasan pelayanan oleh lembaga yang berkompeten demi meningkatkan struktur pelayanan kesehatan yang baik.

Terakreditasi Puskesmas Dobo oleh tim hari ini menegaskan bahwa kegiatan ini menjadi sebuah standar primer yang dibutuhkan untuk memiliki reward standar pelayanan kesehatan yang legal.

“Saya yakin kepala Puskesmas Dobo dan staf, sudah mempersiapkan kelengkapan objek akreditasi dengan baik, sehingga dapat mempermudah proses akreditasi secara komprehensif,” tandasnya. (S-11)