AMBON, Siwalimanews – Prajurit dan PNS Lantamal IX Ambon bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan membersihkan pantai, Jumat (7/5).

Sejumlah pantai yang menjadi ssasaran pembersihan yakni, pantai Galala, Halong, Dermaga Irian, Latta hingga Lateri. Aksi ini digelar dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah.

Aksi yang dipimpin Asisten Potensi Maritim Danlantamal IX Kolonel Laut (PM) Ade Permana itu bertujuan, untuk menjaga kebersihan, keasrian dan lingkungan pantai yang sehat sehingga ekosistem pantai bisa tetap terjaga.

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX Laksamana Pertama TNI Eko Jokowiyono saat meninjau kegiatan itu mengatakan, menjaga kebersihan lingkungan sama artinya menciptakan lingkungan yang sehat, bebas dari kotoran, sampah dan bau yang tidak sedap.

“Dengan lingkungan yang sehat, kita tidak akan mudah terserang penyakit. Selain itu, kebersihan lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap kenyamanan, dan keasrian lingkungan,” ujar Danlantamal.

Baca Juga: Korban Gempa Suli Ngadu ke DPRD

Pesisir pantai yang bersih, merupakan tujuan wisata murah dan menyehatkan untuk semua kalangan masyarakat. Udara pantai di pagi dan sore hari, memiliki kadar oksigen yang lebih bagus untuk kesehatan, karena terletak didataran rendah serta bertemperatur lebih stabil dari tempat-tempat dataran tinggi, seperti pegunungan yang mempunyai suhu lebih ekstrim.

“Lingkungan pantai yang sehat dan bersih, akan membawa dampak positif jangka panjang bagi generasi mendatang,” ujar Danlantamal.

Turut hadir dalam kegiatan bersih pantai tersebut Wadan Lantamal IX, para Asisten Danlantamal dan para kasatker. (S-21)