AMBON, Siwalimanews – Wakil Ketua Pansus DPRD Kota Ambon Zeth Pormes mengaku, sampai dengan saat ini anggaran untuk penanganan covid yang digunakan Pemkot Ambon mencapai Rp 28,7 miliar.

Dijelaskan, Rp 28,7 miliar yang telah terpakai tersebut digunakan untuk penanganan covid di bidang kesehatan, ekonomi, sosial serta sejumlah faktor pendukung lainnya.

“Rapat yang dilaksanakan bersama gugus tugas itu untuk mengevaluasi penerapan PSBB transisi tahap I sekaligus kita minta laporan terkait PSBB transisi tahap II,” ungkap Pormes, kepada wartawan, di Baileo Rakyat Belakang Soya, usai rapat Pansus bersama Gugus Tugas Covid-19 Pemkot Ambon kemarin.

Saat ditanya terkait rincian anggaran yang telah terpakai secara detail, Pormes mengungkapkan penggunaan anggaran sesuai ketentuan, bahwa penanganan dibidang kesehatan itu 30-40 persen. Demikian juga dengan jaring pengaman sosial, serta faktor pendukung lainnya sebesar 10 persen.

Menurutnya, untuk pengendalian covid saat ini sudah berjalan dengan baik, namun masih ada di zona orange, sehingga PSBB transisi ini masih diperpanjang sampai tahap II, namun diharapkan selama 14 hari, PSBB transisi tahap II ini, Ambon mampu menekan angkah penyebaran covid-19.

Baca Juga: Kasrul: Pegawai Bank Maluku Terpapar Covid Bertambah

“Semoga kita berhasil menurunkan angka covid sehingga kita bisa masuk pada zona kuning,” harapnya.(Mg-5)