BULA, Siwalimanews – Untuk mendisiplinkan masyarakat dalam berlalulintas, maka Polres Seram Bagian Timur siap melaksanakan operasi dengn sandi Zebra Salawaku 2023.

Namun sebelum melaksanakan operasi tersebut, personel Polres SBT mengikuti pelatihan pra ops Zebra Salawaku. Pelatihan yang dipimpin Kapolres Seram Bagian Timur AKBP Agus Joko Nugroho berlangsung di Aula Parama Satwika Mapolres, Jumat (1/9) itu berlangsung dibawah sorotan tema: Tertib Berlalu Lintas guna mewujudkan Kamseltibcar lintas yang presisi.

Kapolres pada kesempatan itu mengatakan, kegiatan seperti ini diharapkan setidaknya anggota dapat melakukan operasi serta paham terhadap tugas masing-masing.

Dalam operasi nantinya juga diharapkan agar masing- masing satgas mengutamakan tindakan yang bersifat preventif, preentif dan penegakan hukum serta menyesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada.

“Untuk trafik boat diharapkan libatkan Satpol PP, karena fenomena ditempat kita banyak PKL yang seringkali berjualan makan badan jalan, sehingga para pembeli parkir di tengah jalan,” ujar kapolres.

Baca Juga: Optimalisasi Pajak Daerah, KPP AMBON Kunker ke Kabupaten SBT

Operasi dengan sandi Zebra Salawaku 2023 ini kata kapolres bertujuan untuk mewujudkan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran arus lalu lintas  serta disiplin berlalu lintas.

”Ketika berkendara harus menggunakan helm keselamatan. Tidak melawan arus lalu lintas, tidak bermain handphone saat mengemudi, serta berkendaraan tidak melebihi muatan dari pada kapasitas kendaraan, serta menyalakan lampu utama pada saat berkendara, baik siang maupun malam hari,” jelas kapolres.

Pelaksanaan operasi ini lanjut kapolres akan berlangsung selama 14 hari terhitung mulai 4 hingga 17 September 2023.(S-27)