BULA, Siwalimanews – Polres SBT menggelar rapat koordinasi bersama forkopimda dan stakeholder dalam rangka kesiapan pelaksanaan Pilkada tahun 2020 di kabupaten itu pada tanggal 9 Desember mendatang.

Rapat tersebut berlangsung di ruang aula Polres SBT, Senin (24/8) dihadiri oleh Kapolres SBT AKBP Andre Sukendar, Wakapolres SBT Kompol La Udin Tahir beserta PJU, Sekda SBT Syarif Makmur, Kajari SBT M Ilham, Ketua Pengadilan Purwanto S Abdullah, Ketua Bawaslu Supardjo Rustam Rumakamar, Komisioner KPU Amnun Nakip dan Melialuw serta Kesbangpol Haliq Romeon dan pihak TNI.

Kapolres SBT AKBP Andre Sukendar dalam sambutannya mengatakan, netralitas Polri dalam pelaksanaan Pilkada SBT tetap dijunjung tinggi. Sebagaimana yang telah ditegaskan Kapolda Maluku pada saat melakukan kunjungan beberapa waktu lalu.

“Kami akan mengutamakan netralitas sebagai Polri, sebagaimana mana telah dipertegas oleh Kapolda Maluku, yakni bekerja sesuai dengan koridor kepolisian. Bagi anggota kepolisian maupun siapa saja yang melanggar, akan ditindak sebagaimana mestinya,” tegas Sukendar.

Usai menggelar rapat koordinasi tersebut, kepada Siwalimanews kapolres mengaku, akan tetap menjaga sitruasi kamtibmas dalam pelaksanaan Pilkada SBT mendatang.

“Saya harap kepada seluruh elemen masyarakat untuk selalu menjaga situasi kamtibmas dalam pelaksanaan pilkada nanti. Hal ini agar pilkada dapat berlansung dengan baik, aman dan lancar,” ujarnya.

Saat ini kata kapolres, pihaknya sementara menangani dua aduan dari warga SBT yang merasa tidak memberikan dukungan kepada bakal calon perseoranag, namun nama mereka dimasukan dalam bukti dukungan.

“Ada dua warga yang merasa dirugikan mengadu atas nama mereka yang dicatut sebagai dukungan KTP, dan saat ini Polres SBT masih interogasi kedua warga yang masukan aduan tersebut dan yang pasti akan menghadirkan ahli dalam perkara yang dimaksud,” pungkasnya. (S-47)