AMBON, Siwalimanews – Dalam rangka mempe­ringati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79, PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Maluku dan Papua (UIP MPA) me­nunjukkan kecintaannya terhadap tanah air dengan cara yang unik dan istimewa.

Sebanyak 13 anggota Komunitas Menyelam “UIP MPA Divers” yang diketuai Wahyu Sugar Ibrahim turut serta dalam upacara bawah air (underwater) yang digelar di Tanjung Pistol/Amay, Distrik Depapre, Kabupaten Jayapura.

Acara yang digelar pada Minggu pagi (11/8) sekitar pukul 11.00 WIT ini diikuti oleh 20 penyelam lainnya dari berbagai instansi dan komu­nitas, termasuk TNI AD, Ditpolair Polda Papua, Yonmarhanlan X, Kan­tor SAR Jayapura, Bidokes Polda Papua, dan Komunitas Socio Diver.

Dalam upacara tersebut, para penyelam dengan bangga mengena­kan kaos bertema HUT RI ke-79 dan membentangkan Bendera Merah Putih di tengah birunya laut, meng­ingatkan kita akan keindahan dan kekayaan alam bawah laut Indonesia, khususnya di wilayah timur.

Ahmad Firdaus Ridwan selaku peserta perwakilan dari Komunitas Socio Diver mengapresiasi kegiatan upacara underwater itu sebagai kegiatan yang memiliki makna tersendiri terhadap tanah air Indonesia. Ia menyampaikan bahwa kekayaan yang Indonesia miliki adalah salah satu yang dapat kita banggakan bersama.

Baca Juga: Pemkab MBD Tambah 3 Unit Mobil Ambulance

“Saya memaknai kegiatan Upa­cara Bendera di Bawah Laut sebagai sebuah momentum pengingat bah­wa Indonesia memiliki kekayaan alam yang luar biasa, dalam hal ini kekayaan yang terkandung di lautan, dan kami sebagai generasi muda juga berkewajiban untuk menjaganya. Di samping itu, kek­ayaan alam yang terjaga juga menjadi kunci pertumbuhan eko­nomi yang berkesinambungan menuju Indonesia Emas 2045 yang pada akhirnya meningkatkan taraf hidup Rakyat Indonesia,” ucapnya pada Sabtu siang (17/8).

Pada kegiatan tersebut, General Manager PLN UIP MPA, Wisnu Kuntjoro Adi, yang bertindak seba­gai inspektur upacara, menyam­paikan pesan yang penuh makna. Ia mengungkapkan bahwa kekayaan Indonesia tidak hanya di nikmati, namun harus dijaga.

“Keindahan alam bukanlah semata-mata untuk dinikmati, tetapi juga untuk dijaga. PLN UIP MPA berkomitmen penuh dalam menjaga kelestarian lingkungan laut. Melalui berbagai program pelestarian dan aksi nyata, kami berupaya me­mastikan bahwa kekayaan laut kita tetap terjaga, demi masa depan yang lebih baik,” ungkap Wisnu.

Dalam semangat kemerdekaan, Wisnu juga menegaskan peran PLN UIP MPA dalam pembangunan dan pelestarian alam. “Dalam semangat kemerdekaan dan cinta pada tanah air, PLN UIP MPA terus berkarya, membangun negeri, dan melindungi alam Indonesia, dari darat hingga ke kedalaman laut. Dirgahayu Republik Indonesia yang ke-79! Jayalah Negeriku, Jayalah Indonesiaku!” tutupnya dengan semangat.

Kegiatan ini menjadi simbol dari komitmen dan dedikasi PLN UIP MPA tidak hanya dalam memba­ngun infrastruktur di wilayah timur Indonesia, tetapi juga dalam menjaga kelestarian lingkungan yang men­jadi warisan berharga bagi generasi mendatang. (S-05)