AMBON, Siwalimanews – Polda Maluku dinobatkan sebagai pengelola anggaran keuangan terbaik di jajaran Polri.

Hal itu disampaikan saat Kapolda Maluku Irjen Refdi Andri saat membuka taklimat awal wasrik audit kinerja Itwasda Maluku tahap 2 tahun 2021 tentang aspek pelaksanaan dan pengendalian, di ruang rapat utama Mapolda Maluku, Senin (4/10).

“Predikat pengelolaan anggaran keuangan yang dinyatakan sangat baik ini, merupakan hasil dan predikat yang harus dipertahankan, karena dari sekian banyak polda saat ini, Polda Maluku lah yang dinyatakan terbaik berdasarkan surat asisten perencanaan Mabes Polri,” ujar Kapolda.

Selain keberhasilan yang diraih Polda Maluku tersebut, masih terdapat sejumlah temuan yang menjadi catatan untuk diperbaiki.

Oleh karena itu, pada kesempatan tersebut, Kapolda mengingatkan jajarannya agar temuan yang sifatnya berulang saat pemeriksaan tim audit Itwasum Mabes Polri, agar segera dibenahi dengan cepat.

Baca Juga: Bangun Sinergitas dengan Media, Bawaslu Kunjungi Siwalima

“Semua ini harus diawali dari perencanaan yang baik, sehingga tidak ada pengeluaran anggaran yang tidak bisa dipertanggung jawabkan,” pinta Kapolda.

Mantan Kakorlantas Polri ini mengajak seluruh jajaran Polda Maluku, agar terus berkomitmen untuk melakukan yang terbaik, dengan meluruskan yang bengkok dan melengkapi yang masih kurang dengan bekerja secara profesional.

“Saya minta agar ada keterbukaan dalam pelaksanaan audit ini sehingga semua yang masih belum sempurna dapat diperbaiki dan disempurnakan dengan cepat agar kita tidak dianggap ceroboh dalam penggunaan anggaran,” harapnya.

Tak lupa Kapolda mengingatkan jajarannya untuk terus menerapkan protokol kesehatan selama melakukan audit pada satuan jajaran dan kewilayahan.

“Ini diharapkan, agar proses audit yang dilaksanakan dapat berjalan dengan lancar dan aman, hingga selesai, prokes juga salah satu faktor yang wajib diterapkan sesuai instrusi yang dikekuarkan Mendagri,” tandasnya.

Untuk diketahui, dalam taklimat awal tersebut, dihadiri seluruh pejabat utama Polda Maluku, para auditor, Irbid, perwira pemeriksa Itwasda Maluku dan para kapolres jajaran yang mengikuti rangkaian kegiatan secara virtual. (S-45)