PENJABAT Sementara Sekertaris Daerah Kabupaten Maluku Barat Daya, Daud Reimialy, membuka se­cara resmi kegiatan Bimbingan Tek­nis (Bimtek) Platfrom Digital Pem­belajaran Berpusat pada Peserta Di­dik, yang berlangsung di Pengina­pan Golden Nusantara, Kamis (11/7).

Dalam sambutannya, Reimialy mengatakan, Pemerintah Kabupaten Maluku Barat Daya berkomitmen agar pendidikan di Kabupaten Ma­luku Barat Daya dapat bersaing de­ngan daerah lain di Maluku maupun Indonesia, serta dapat mencetak dan melahirkan generasi yang unggul dan berkarakter.

“Untuk mencapai tujuan tersebut dibutuhkan sinergitas dan kola­borasi para guru dengan peran dan tugas yang telah diamanatkan menurut undang-undang,” ujarnya.

Sebagai Kepala Sekolah atau pengawas, kata Daud Reimialy, harus melaksanakan tugas dengan baik. dimana Kepala Sekolah melaksanakan tugas sebagai manager di sekolah dengan sungguh-sungguh dan mampu menata sistim pembelajaran di sekolah dan juga mengatur guru. Dan juga menjalin hubungan baik dengan stakholder dan sesama yang ada di masyarakat.

Dijelaskan, Kementerian Pendidi­kan Kebudayaan Riset dan Tekno­logi terus melakukan sinergitas dan kolaborasi dengan pemerintah dae­rah dalam mengimplementasi kuri­kulum merdeka dan pemanfaatan platfrom merdeka mengajar disetiap satuan Pendidikan.

Baca Juga: Pemda MBD Jemput Jamaah Haji

Bukti dukungan Pemerintah Dae­rah yang kuat terhadap program Pemerintah Pusat itulah, maka Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Maluku Barat Daya melaksanakan kegiatan Bimtek penggunaan Platfrom Digital bagi guru dan tenaga kependidikan, sehi­ngga diharapkan kegiatan ini digu­nakan sebaik-baiknya.

Karena menurutnya, platfrom digital saat ini menjadi kebutuhan utama bagi pengembangan kompetensi se­tiap guru yang ingin terus berkem­bang karena sejatihnya pendidikan itu hidup dan akan terus berubah mengikuti arah perkembangan dunia.

Guru dituntut untuk selalu beradaptasi dengan hal-hal baru serta bisa berinovasi dan berkola­borasi dengan sesama guru.

“Guru juga mampu memanfaatkan platfrom digital pembelajaran di satuan pendidikan. Karena kuriku­lum merdeka dilakukan dalam rangka memulihkan pembelajaran melalui pembelajaran bermakna, menye­nangkan dan relevan sesuai karak­teristik satuan Pendidikan,” jelasnya.

Diharapkan kepada Kepala Sekolah dan guru kiranya dengan kegiatan Bimtek ini dapat mem­bahwa dampak positif bagi setiap guru dalam memanfaatkan platfrom digital, menggali potensi dan kom­petensi diri, dapat berkolaborasi antara guru sehingga cita-cita pendidikan yang kita harapkan bersama dapat terwujud sehingga mutu dan kualitas pendidikan di Maluku Barat Daya bisa sejajar dengan kabupaten lain di Maluku bahkan Indonesia. (S-28)