PEMERINTAH Kota (Pemkot) Ambon bakal mengembangkan status Balai Kesehatan Mata Ambon-Vlissingen (AV) dari Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

”Pengembangan status ini mudah-mudahan dapat dilakukan dalam waktu dekat,” kata Penjabat Walikota Ambon, Bodewin M. Wattimena, saat meninjau Balai Kesehatan Mata AV,  Jalan Upua Baguala – Passo, Kamis (13/7).

Penjabat Walikota yang dalam kesempatan itu didampingi Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Ambon serta Kepala Dinas Kesehatan, menjelaskan manfaat peningkatan status menjadi BLUD.

Menurutnya, dengan status BLUD, Balai Kesehatan Mata AV dapat melakukan pengelolaan keuangan dan manajemen secara mandiri, sehingga dapat memenuhi kebutuhan untuk optimalisasi pelayanan kepada pasien.

“Kalau sekarang dengan status UPTD maka sangat tergantung dengan Dinas, sehingga tidak memiliki fleksibilitas dalam pengelolaan anggaran atau keuangan,” ungkapnya.

Baca Juga: Dinsos Salurkan Bantuan Logistik Tanggap Darurat

Padahal, keberadaan Balai Kesehatan Mata AV selama ini, lanjutnya, telah dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Masyarakat, khsususnya kalangan menengah kebawah sangat terbantu dengan kehadiran Balai Kesehatan Mata AV. Dari segi harga, pelayanan serta peralatan juga paling baik di Provinsi Maluku” ujarnya.

Ditandaskan, dengan pengembangan status dari UPTD ke BLUD maka maka pelayanan yang diberikan kepada masyarakat juga akan semakin baik. (S-25)