AMBON, Siwalimanews –Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif memimpin apel gabungan Polda Maluku yang dilaksanakan di lapangan Letkol Pol Chr. Tahapary, Tantui, Kota Ambon, Rabu (19/6).

Terdapat sejumlah pesan yang disampaikan Kapolda dalam apel tersebut.

Menjelang peringatan hari Bhayangkara ke- 78 Tahun tanggal 1 Juli 2024 nanti, Kapolda meminta seluruh personel agar dalam menjalankan tugas tetap profesional, humanis dan sesuai aturan hukum dalam melayani dan melindungi masyarakat.

“Menghadapi situasi dan kondisi saat ini, menjelang perayaan Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke-78, saya sampaikan tidak perlu kita paksa rakyat untuk percaya kepada kita, tunjukan saja dengan kinerja dengan baik dan profesional, maka rakyat pasti tetap percaya Polri,”ujar Kapolda.

Kapolda mengingatkan semua anggota untuk tidak melakukan pelanggaran baik kode etik, disiplin apalagi terlibat pidana.

Baca Juga: Polisi Cerca Sejumlah Pimpinan OPD Terkait Dana Covid Malra

“Masyarakat semakin kritis dan Polri sebagai institusi  yang  transparan dan akuntabel diawasi baik oleh pihak internal dari Propam atau Inspektorat dan juga dari eksternal seperti Kompolnas,Ombudsman dan sebagainya,” tegasnya.

Dirinya mengajak,  personil untuk tingkatkan terus pembinaan mental dan rohani serta kelola penghasilan dengan baik agar terjaga dari pengaruh negatif yang banyak bermunculan di sekitar kita saat ini.

“Manfaatkan waktu dan penghasilan untuk keluarga dan hal hal yang positif untuk menjaga keutuhan keluarga dan peningkatan kesejahteraan anggota,”pungkasnya.

Kapolda mengaku, selama ini para personel telah menjalankan disiplin dan memberikan dedikasi yang cukup baik dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya.

“Hal ini harus dipertahankan sebab kita tahu bahwa saat ini banyak orang yang ingin menjadi anggota Polri seperti kita, namun juga di sisi lain masih ada orang yang juga mencari kesalahan dan menghujat Polri, hal tersebut hal yang biasa tidak perlu ditanggapi dengan reaktif selama kritik tersebut sifatnya konstruktif bagi Polri,”tandasnya.(S-10)