AMBON, Siwalimanews – Staf Ahli Walikota Bidang Pemerintahan dan Politik, Pieter Saimima, masuk dalam daftar bakal calon Walikota Ambon dari Partai Partai Golkar bersama sejumlah nama lainnya.

Diakomodirnya Saimima sebagai bakal calon Walikota Ambon, disampaikan Ketua DPD Partai Golkar Kota Ambon Max M Siahay kepada Siwalimanews, usai menutup Rapat Pimpinan Daerah dan Rapat Kerja Daerah tahun 2022 di Manise Hotel, Rabu (10/8).

Siahay menjelaskan, berdasarkan hasil kerja komisi eksternal yang membidangi rekomendasi, maka telah ditetapkan sejumlah nama yang dijadikan sebagai bakal calon Walikota Ambon periode 2024-2029, dan telah ditetapkan dengan surat keputusan rakerda.

“Memang komisi eksternal telah memutuskan beberapa nama, yang nantinya diusulkan sebagai bakal calon Walikota Ambon dari Partai Golkar, salah satunya pak Pieter Saimima,” ungkap Siahay.

Siahay mengaku, aspirasi untuk menjadikan Saimima sebagai bakal calon Walikota Ambon, berasal dari lima kecamatan di Kota Ambon, ditambah dengan organisasi sayap.

Baca Juga: Cegah Penimbunan Mitan, Disperindag Didesak Operasi Pasar

“Kalau pak Saimima itu diusulkan oleh lima kecamatan, artinya aspirasi yang disampaikan merata dari lima kecamatan dan organisasi sayap,” ucap Siahay.

Menurutnya, sebagai partai nasionalis, Golkar tetap membuka diri terhadap aspirasi calon yang berasal dari eksternal partai, termasuk Pieter Saimima, artinya tidak menjadi harga mati bagi Golkar untuk mengusung kader internal.

Terhadap bakal calon yang diusulkan dalam Rapimda, maka tahap selanjutnya akan dilakukan survei untuk melihat elektabilitas bakal calon yang nantinya disampaikan ke DPD Partai Golkar Maluku dan diteruskan ke DPP untuk mendapatkan rekomendasi.

“Sebagai Ketua DPD, saya akan kawal ketat, artinya jangan sampai survei dibawah tangan terjadi, siapapun yang keluar dengan elektabilitas tertinggi, itu yang akan diusulkan ke DPP,” jelasnya.

Selain Saimima dalam rakerda juga, beberapa nama diusulkan diantaranya, dari internal Golkar terdapat Max Siahay, Richard Rahakbauw, Elly Toisuta dan Derek Loupatty, sedangkan dari eksternal terdapat Rektor Unpatti MJ Sapteno, Sekot Ambon Agus Ririmasse, Anggota DPRD Maluku Jantje Wenno, Elvina Patiasina dan Ayu Hasanusi.

Sementara untuk bakal calon Gubernur Maluku, DPD Golkar Kota Ambon mengusulkan, Hamzah Sangadji, Ramli Umasugi, Aziz Samual, Said Assagaf, Jefry Apoli Rahawarin dan Febry Tetelepta. (S-20)