AMBON, Siwalimanews – Ketua Panitia Hari Besar Islam Maluku Abidin Wakano, memastikan pelaksanaan Sholat Idul Adha 1445 Hijriyah tahun 2024 akan dipusatkan di Masjid Raya Al-Fatah Ambon Senin (17/6) pagi.

Wakano mengungkapkan, salah satu pertimbangan Sholat Idul Adha di Masjid Raya Al-Fatah, dikarenakan kondisi cuaca di Kota Ambon yang tidak menentu akhir-akhir ini.

“Karena pertimbangan kondisi cuaca, maka kami putuskan Sholat Idul Adha 1445 Hijryah akan berlangsung di Masjid Raya Al-Fatah,” ujar Wakano kepada Siwalimanews melalui telepon selulernya, Jumat (14/6).

Dijelaskan, Idul Adha atau Hari Raya Kurban mengandung spirit pengorbanan dan keikhlasan Nabi Ismail  yang hendak dikorbankan, namun diganti dengan hewan kurban.

Spirit keikhlasan tersebut menjadi ajaran dasar bagi semua umat Muslim untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan ditunjukan dengan sikap kerelaan untuk berkorban apapun.

Baca Juga: Pj Gubernur Pastikan Stok Bapok Aman

“Tentu makna kurban ini bukan sekedar untuk Allah SWT saja, tapi diajarkan untuk sama-sama berkorban untuk kemanusiaan, membangun keadilan, kesejahteraan, kasih sayang kesetaraan hidup,” jelasnya.

Memotong hewan kurban lanjut Wakano, merupakan simbol memotong sifat kebinatangan pada manusia yang rakus, tamak, hedon dan buas untuk saling memangsa sesama, mengekploitasi hak orang lain dan sebagainya.

Apalagi, memasuki perhelatan pilkada nanti, semua masyarakat Maluku harus tetap menjaga persaudaraan dan kebersamaan.

“Mari boleh berbeda pilihan, kalah menang itu sesuatu yang biasa, tapi merawat kebersamaan itu bagian dari solidaritas. Kita harus mengorbankan apapun demi persaudaraan tapi jangan demi apa saja kita merusak persaudaraan,” tandasnya.(S-20)