AMBON, Siwalimanews – Unit Manager Communication Relations dan CSR MOR VIII PT Pertamina (Persero), Edi Mangun mengatakan, untuk mendukung pencegahan penyebaran Covid-19 di Indonesia termasuk di Maluku dan Maluku Utara, telah luncurkan layanan pesan antar Pertamina atau Pertamina Delivery Services (PDS).

“Untuk pelayanan, makanya SPBU di beberapa kota besar seperti Ambon, Jayapura, Sorong, kita mengupayakan untuk bisa membeli aplikasi my Pertamina atau menggunakan kartu debit misalnya. Kita menghindari dengan tujuan mengurangi kontak langsung antara petugas operator kami di SPBU, juga dengan konsumen yang hadir di SPBU,” jelas Mangun saat diwawancarai Siwalima melalui telepon selulernya, Sabtu (3/10).

Pertamina Delivery Service,  telah ada di Ambon akhir April lalu dengan sistim pesanan melalui call center Pertamina 135. Tetapi layanan ini masih minim digunakan maka pihaknya akan terus tingkatkan sosialisasi.

“Ada satu SPBU yang melayani, dan sebagai bentuk pelayanan di masa pandemi.  Kami membebaskan ongkos kirim, dimana ongkos kirim Rp 20 ribu per satu kali antar itu, itu dibebankan kepada pertamina sendiri. Artinya pihak SPBU yang ditunjuk, akan merembes itu kemudian pertamina akan mengantikan biaya Rp 20 ribu yang secara konsep bisnis itu awalnya, dibebankan kepada pembeli,” ujarnya.

PDS ini sendiri ketika di launching, merupakan bagian yang diharapkan bisa kemudian memotong rantai penyebaran dari pada Covid itu,

Baca Juga: Pertamina Komitmen Bantu UMKM di Ambon

“Beberapa kota besar sudah jalan dengan baik dan berlangsung sudah tahun lalu, Kami sedang mendorong itu, dengan semangat mengurangi kontak langsung agar kemudian bisa memotong penyebaran Covid 19,” paparnya.

PDS merupakan hal baru sehingga program ini belum banyak yang ketahui, karena itu pihaknya terus mendorong dan mensosialisasikan.

“Memang di Ambon belum ba­-nyak orang memakai baik LPJ mau­-pun juga BBM, tetapi trend semakin kesini, meskipun agak lambat tetapi kecederungan naik. Ini memang hal baru, tetapi kita harus tetap berusaha untuk mensosia­lisasikan karena ini juga terbatas, bukan di semua jenis BBM. Ter­uta­ma Pertamax, Pertamix untuk Solar.

Melalui layanan pesan antar ini, masyarakat dapat membeli kebutuhan BBM yakni produk Pertamax Series dan Dex Series, serta produk LPG BrightGas yang dapat dipesan dari rumah melalui Call Center Pertamina 135 dan WhatsApp 0811 135 0 135.

selain untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, layanan pesan antar BBM dan LPG merupakan langkah Pertamina untuk mendukung upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

“Dengan mengikuti himbauan pemerintah untuk membatasi aktivitas di luar rumah, Pertamina meluncurkan layanan pesan antar yang dapat memudahkan masyarakat melakukan pemesanan BBM yakni, Pertamax dan Dexlite, serta LPG yakni produk BrightGas 5,5 Kg,” katanya. (S-19)