MASOHI, Siwalimanews – Petani yang tergabung dalam Kanfit Unit Pasahari menerima kucuran dana pinjaman dari bank rakyat indonesia cabang Masohi.

BRI mengucurkan kredit usaha rakyat kepada 189 nasabah senilai 5,9 miliar ke petani di wilayah kecamatan Seram Utara Timur Seti dan Kobi yang menjadi pusat pertanian Malteng.

“Jadi 5,9 milyar KUR itu disalur­kan untuk 181 nasabah pertanian dan 79 nasabah non petani melalui unit BRI Pasahari, terang Kanca BRI Masohi Sudadi kepada Siwalima kemarin.

Dikatakan pihaknya konsisten melayani masyarakat untuk men­dapatkan kredit, terutama untuk bidang pertanian. BRI berkomitmen untuk mendorong  produktivitas petani.

Dikatakan penyaluran KUR tahun ini memang sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.

Nasabah yang telah mendapat akses kredit komersial seperti Ku­pedes tidak bisa lagi mendapatkan akses KUR. Ini sesuai dengan Permenko tahun 2023,” jelasnya.

Suku bunga KUR Mikro ini lanjutnya sangat ringan yaitu hanya 6 persen untuk calon pene­rima pertama kali atau yang baru mengakses KUR Mikro.

Lanjutnya, banyak kemudahan yang diberikan seperti calon pene­rima yang pernah dan sempat menggunakan KUR Mikro menda­patkan suku bunga hingga 7 persen. Selanjutnya untuk yang mengakses sebanyak tiga kali mendapat hingga 8 persen.

“Intinya kita konsisten mendo­rong pertumbuhan dan kemajuan usaha rakyat dan UMKM,” tandasnya. (S-17)