TIKAUR, Siwalimanews – Dalam rangka merayakan Hari pelaut se-dunia yang jatuh pada 25 Juni nanti, maka, Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Wonreli melakukan sosialisasi terkait surat edaran dari Kementerian Perhubungan.

Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Wonreli Mohamad Yahya Maricar kepada Siwalimanews di ruang kerjannya, Jumat (21/6) menjelaskan, surat edaran dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Nomor: SE-DK tahun 2024 tentang Peringatan Hari Pelaut Sedunia, yang mana di tahun ini mengangkat tema  Safety Tips At Sea.

Sosialisasi yang diberikan kepada nahkoda serta seluruh awak kapal di Pelabuhan Wonreli, dimana dalam surat edaran ini, mewajibkan kepada seluruh operator kapal maupun nahkoda agar membunyikan suling kapal selama tiga menit pada 25 Juni nanti tepat pukul 12.00 WIT.

“Jadi nanti di tanggal 25 Juni 2024 ini setiap kapal di jam 12.00 WIT siang seluruh kapal yang berada di perairan Kabupaten MBD maupun yang berada di pelabuhan membunyikan suling selama tiga menit secara bersamaan,” jelasnya.

Ini juga kata Marciar harus didokumentasikan, dimana jika kapal yang berada di perairan nanti di dokumentasikan oleh awak kapal, sementara bila kapal yang berada di pelabuhan, nantinya pihak Syabandar yang mendokumentasikan itu, dan selanjutnya akan dilaporkan ke Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan.

Baca Juga: Idul Adha, JAR Salurkan Puluhan Ekor Hewan Kurban di Lima Daerah

Namun yang terutama dari ini semua di Hari Pelaut se-dunia ini, diharapkan agar semua kapal mentaati aturan pelayaran, terutama kapal-kapal penumpang untuk melayani dan meningkatkan pelayanan dengan baik kepada penumpang.

“Saya minta awak kapal dan nakoda untuk lebih memperhatikan penumpang dengan baik, serta mentaati aturan atau rambu-rambu pelayaran,” pintanya. (S-28)