MASOHI, Siwalimanews – Bupati Tuasikal Abua menghadiri pelantikan Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Hati Nurani Rakyat Kabupaten Maluku Tengah.

Bagi Bupati kegiatan itu bermakna penting untuk menguatkan eksis­tensi partai dalam membangun bangsa.

“Saya mengucapkan selamat atas pelantikan kepengurusan baru. Semoga momen ini, menjadi spirit baru, semakin menguatkan eksis­tensi partai dalam membangun serta memajukan kualitas demokrasi lokal di daerah ini,” kata bupati dalam sambutaannya.

Menurutnya pelantikan pengurus DPC merupakan momentum temu kader partai yang memiliki arti kebahagiaan, sekaligus sebagai bentuk perumusan program kerja partai yang diharapkan akan menjadi responsif.

“Momentum hari ini menjadi suatu kebahagian bagi segenap kader Partai Hanura, sebab satu tahapan untuk keberlangsungan partai telah terlaksana. Diharapkan akan lebih responsif, progresif dan visioner,” ujarnya.

Baca Juga: Ralahalu Harap Ada Pemimpin Baru di 2024, Warning Murad & PDIP

Dikatakan sejalan dengan perkem­bangan kualitas demokrasi di Indonesia, maka peran partai politik sangatlah strategis sebagai poros penting dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan ber­negara.

Parpol sambung bupati tidak hanya menjadi saluran partisipasi politik warga Negara saja, tetapi lebih dari itu, partai politik mampu mengintegrasikan para individu dan kelompok masyarakat ke dalam sistem politik.

“Saya sungguh yakin bahwa saudara yang baru dilantik bukanlah kader partai yang terbentuk secara instan, melainkan telah melalui pros­es panjang serta memiliki loyalitas tinggi untuk memajukan dan meme­nangkan partai ini,” ungkapnya.

Tak hanya itu Bupati juga menambahkan konsolidasi partai melalui forum rakorcab dapat menjadi arena penyatuan gagasan untuk lebih responsive terhadap tuntutan dan kebutuhan masyarakat yang tidak terbatas pada persoalan politik saja, tetapi juga menyentuh pada persoalan ekonomi, pen­didikan dan budaya bernegara.

Dirinya juga mengajak seluruh pengurus partai agar tidak henti-hentinya memberikan gagasan serta pikiran-pikiran kebangsaan tentang bagaimana kita membangun Maluku Tengah menjadi daerah yang maju, berkarakter dan sejahtera. (S-17)