AMBON, Siwalimanews –  Pelaksana Tugas Sekretaris Kota Ambon, Robby Sapulette meminta kepada pihak sekolah mengelola perpustakaan dengan baik.

“Pengelolaan perpustakaan sekolah sangat penting sehingga hal itu bisa mendorong minat baca para pelajar sejak duduk dibangku Sekolah Dasar, “kata Sekot usai membuka bimbingan teknis pembinaan perpustakaan pada status pendidikan dasar salah satu hotel di Ambon, Rabu (9/10)

Menurutnya pengelolaan perpustakaan yang baik, harus memenuhi standar akreditasi.

Tidak hanya itu, perpustakaan juga harus dimaksimalkan dengan baik oleh para guru sehingga kehadiran perpustakaan selain menjadi tempat untuk mencari referensi dari tugas-tugas yang diberikan.

“Perpustakaan harus membuat para siswa menjadi betah dan merasa nyaman ketika berada di perpus­takaan,” ujarnya

Baca Juga: Polisi Intensif Patroli Siber di Medsos

Ia juga menyebut minat baca para pelajar di Kota Ambon dan secara luas di Indonesia masih relatif rendah dari negara lainnya.

“Hal ini dikarenakan, minat baca di Indonesia itu relatif rendah jika dibandingkan dengan negara-negara di Asia Tenggara lainnya.  Jadi kita harus memaksimalkan perpustakaan dengan baik,” jelasnya.

Untuk itu, peran dari kepala sekolah, dewan guru sangat diper­lukan dalam mengelola perpusta­kaan. Perpustakaan lanjutnya bisa menjadi tempat yang nyaman bagi para murid untuk membaca.

“Jadi saya berharap dengan bimbingan teknis ini, para guru bisa memaksimalkan apa yang nanti diperoleh dari kegiatan ini untuk diimplementasikan di sekolah. Para guru juga harus bisa menghimbau orang tua untuk meningkatkan minat baca para generasi muda di kota Ambon,” pungkasnya. (S-29)