AMBON, Siwalimanews – Pemprov Ma­lu­ku telah me­ng­usulkan pe­lan­tikan Bupati dan Wakil Bu­pati Buru Sela­tan terpilih Sa­fitri Malik Sou­lisa-Gerson Eliaser Selsily ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Safitri dan Gerson ditetapkan sebagai Bupati Dan Wakil Bupati Buru Selatan berdasarkan Surat Keputusan KPU Nomor:127/TL.02.6-kpt/8109/KPU-Kab/XII/2020 tentang penetapan reka­pitilasi hasil penghitungan per­olehan suara pemilihan bupati-wakil bupati Bursel tahun 2020.

Keduanya mengalahkan pasa­ngan bupati dan wakil bupati di pilkada serentak yang dilaksa­nakan pada 9 Desember 2020 lalu yakni pasangan Hadji Ali-Zainudin Boy (AJAIB) dan Abdurahman Soulisa-Elisa Les­nussa (MANIS).

Safitri-Gerson atau dikenal dengan jorgan SMS-GES berhasil meraih 16.847 suara atau 43,45 persen, disusul pasangan AJAIB 12.677 dan pasangan MANIS 9.321 suara.

Karo Pemerintahan Setda Ma­luku Dominggus Kaya yang di­konfirmasi Siwalima, Kamis (27/5) menjelaskan pengusulan pasa­ngan bupati dan wakil bupati terpilih kabupaten buru selatan sudah disampaikan.

“Jadi setelah mereka meng­usulkan ke kita, kita kemudian meneruskan usulan ke Kemendari untuk proses pelantikan nantinya,” terang Kaya.

Dijelaskan, berkas usulan su­dah sampai di tangan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan tinggal me­nunggu proses diberbitkan su­rat keputusan. Dan direncanakan pelantikan akan berlangsung pada 22 Juni mendatang.

“Kita tunggu kalau saja pross­nya. Kalau sudah ada SK maka proses pelantikan akan segera dilakukan,” tandasnya.

Untuk diketahui, sebelumnya Gubernur Maluku telah melantik tiga pasangan bupati dan wakil bupati hasil pilkada serentak 2020 lalu.

Tiga pasangan ini yakni, Bupati dan Wakil Bupati Kepulauan Aru Johan Gonga dan Muin Sogalrey.  Berikutnya, Bupati dan Wakil Bupati terpilih Seram Bagian Timur (SBT), Abdul Mukti Keliobas-Idris Ru­malutur, serta Bupati dan Wakil Bupati terpilih Kepulauan Aru, Johan Gonga dan Muin Sogalrey. Kedua bupati ini dilantik pada 26 Februari 2021.

Sedangkan pelantikan bupati dan wakil bupati selanjutnya adalah Benyamin Thomas Noach dan Agustinus Lekwardai Kilikily, seba­gai Bupati dan Wakil Bupati Maluku Barat Daya pada 26  April 2021.

Masih tersisa satu Bupati Dan Wa­kil Bupati yakni Buru Selatan Safitri-Gerson yang belum dilantik Guber­nur Maluku, Murad Ismail. (S-39)