AMBON, Siwalimanews – Pemkot Ambon resmi melakukan operasi pasar dengan menyediakan harga barang kebutuhan dengan harga terjangkau.

Barang kebutuhan dijual pemerintah berkerjasama dengan bulog, dan distributor sampai petani di Kios Pengendali yang mulai beroperasi, Kamis (6/7) di Pasar Mardika.

“Mulai hari ini kita lakukan penjualan beras, gula, terigu, telur ayam di kios pengendali di Pasar Mardika. Itu supaya masyarakat mau beli beras tidak perlu beli di gudang Bulog, cukup beli disitu,” terang Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena kepada wartawan di Balai Kota, kemarin.

Ia menjelaskan Kios pengendali yang dibangun di Pasar Madika juga menyediakan barang kebutuhan masyarakat selain beras.

“Upaya ini kita lakukan guna menekan lonjakan inflasi di Kota Ambon,” harapnya.

Baca Juga: Pemkot: NIB Wajib untuk Pelaku Usaha

Tingginya harga beras, tim juga akan melakukan pengawasan sesuai dengan harga eceran tertinggi.

“HET beras pengawasan akan dilakukan oleh Satgas Pangan yang turut melibatkan TNI-Polri dan juga pihak kejaksaan,” jelasnya.

Sementara yang lain-lain, Pemkot Ambon akan fasilitasi petani untuk memasok sayur-sayuran langsung ke kios pengendali guna memotong rantai pasok yang panjang.

“Jadi proses distribusi dari petani hingga ke pasar diperpendek, sehingga sampai di pasar, harganya tidak mahal,” terangnya.

Apa bila usaha yang dilakukan tidak dapat menekan tingginya inflasi maka, dirinya akan membentuk tim dari luar untuk proses pengendalian inflasi tersebut. “Saya sudah bilang, kalau tidak berfungsi, maka saya bentuk tim dari luar,” tegasnya.

Terkait upaya ini, pihaknya meminta OPD teknis untuk lebih agresif dan jangan kebanyakan menunggu.

“Sekarang ini semua fokus untuk upaya menekan lonjakan inflasi yang saat. Ini sedang tinggi. Dan dalam upaya itu, saya juga batalkan perjalan dinas semua, semua fokus untuk inflasi,” tandasnya. (S-25)