PEMERINTAH Kabupaten Maluku Tengah memberikan penilaian positif terselenggaranya kegiatan pelatihan gratis hair styling dan make up yang digagas TP PKK kabupaten bergelar Pamahanu-Nusa itu.  Bagi pemerintah kegiatan itu penting untuk memberdayakan perempuan khususnya ibu rumah-tangga.

“Mewakili pemerintah dan masyarakat Maluku Tengah, saya mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini. Tentu kegiatan hair style dan make up gratis yang digagas PKK kabupaten saat ini adalah wujud dari upaya untuk memberdayakan perempuan di bumi Pamahanu-Nusa. Karenanya ini sangat positif dan berguna bagi perempuan di Malteng, khususnya ibu rumah tangga agar dapat memiliki pengetahuan tambahan sehingga dengannya dapat minimal membuka usaha di bidang kecantikan yang pada gilirannya nanti dapat mendorong perekonomian keluarga,” tandas Bupati, Muhamat Marasabessy, dalam sambutannya yang  dibacakan Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan Politik dan Hukum, A. Wattiheluw, saat membuka kegiatan tersebut, yang berlangsung di gedung PKK Malteng di Masohi, Senin kemarin.

Menurutnya, keberhasilan TP PKK Malteng  merupakan keberhasilan Pemerintah Daerah. Oleh karena itu, apapun program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh Tim Penggerak PKK merupakan bagian dari apa yang diprogramkan dan dilaksanakan juga oleh Pemerintah Daerah.

“Tentu, kita pahami bersama bahwa pelatihan ini lebih mementingkan manfaat. Oleh karena itu, para peserta setelah mendapatkan pelatihan ini tidak hanya berhenti sampai disini saja. Tetapi bagaimana mengimplementasikan ilmu yang didapat selama pelatihan, sehingga mampu menambah penghasilan keluarga dan membuka lapangan pekerjaan baru,” harap bupati.

Kepala Dinas PUPR Provinsi Maluku itu meminta kegiatan itu harus terus dikembangkan dan dilaksanakan secara berkesinambungan, guna memotivasi, memberikan kesempatan dan memperkuat kaum perempuan untuk mendapatkan pendidikan, keterampilan, dan kecakapan hidup dengan mengembangkan segala potensi yang dimiliki.

Baca Juga: Festival Ekonomi Kreatif dan UMKM akan Digelar

Ditempat yang sama Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Maluku Tengah, Bella Marasabessy  mengatakan, selaku Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Maluku Tengah terus berupaya melakukan terobosan-terobosan program dan kegiatan PKK yang inovatif demi kemajuan perempuan Maluku Tengah, serta peningka­tan kesejahteraan keluarga dan pemberdayaan masyarakat.

Dijelaskan, Tim Penggerak PKK Kabupaten Maluku Tengah bekerja sama dengan Debhy Salon & Bridal Ambon menga­dakan kegiatan pelatihan gratis untuk meningkatkan kapasitas dan pembekalan keterampilan bagi kaum perempuan, sehingga dapat meningkatkan potensi diri untuk lebih mandiri dan berkarya, bahkan mendorong kesejahte­raan keluarga, serta meningkat­kan kualitas hidup kaum perempuan.

“Dengan diberikannya pelatihan pemberdayaan perempuan ini, diharapkan para perempuan Maluku Tengah dapat memiliki keterampilan tambahan dalam dunia tata rias dan tidak menutup kemungkinan dapat membuka usaha untuk meningkatkan perekonomian keluarga,” katanya.

Bella menambahkan, peserta akan dibekali dengan ilmu tata rias wajah dan rambut oleh para narasumber yang sudah berpengalaman. Oleh karena itu, pelatihan ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk belajar.

Bella meyakini jika seluruh peserta mengikuti dan memanfaatkan forum pelatihan  itu dengan baik, maka sudah pasti  memiliki modal atau pengetahuan dasar di bidang tata rias. “Dirinya berharap agar para peserta pelatihan dapat memanfaatkan kesempatan ini dan menyerap ilmu yang diberikan dengan sebaik-baiknya, sehingga keterampilan yang diperoleh dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. (S-17)