NAMLEA, Siwalimanews – Walaupun sampai saat ini belum diketahui secara pasti kapan jatah vaksin Covid-19 tahap pertama untuk Kabupaten Buru tiba di Namlea, namun Pemkab telah menyiapkan 10 lokasi sebagai tempat penyimpanan vaksin Covid-19.

10 lokasi itu masing-masing di Puskesmas Namlea, Sawa, Waplau, Savanajaya, Mako, Lolongguba, Waelo, Airbuaya, Kayely dan klinik Polres Buru. Sedangkan untuk waktu pelaksanaan vaksinisasi akan dimulai 15 Januari-30 April 2021 nanti.

“Kita belum dapat informasi kapan vaksin tiba. Namun saat tiba nanti 1.162 dosis vaksin ini akan disimpan di ruang farmasi milik Dinkes Buru di Kota Namlea,” tandas Jubir Satgas Covid Buru jelas Nani Rahim kepada wartawan melalui pesannya WhatsApp,  Rabu (6/1).

Ia merincikan, untuk Kabupaten Buru vaksin tahap pertama akan diterima sebanyak  1.162 dosis yang semuanya diperuntukan bagi tenaga kesehatan serta semua pegawai pada Dinkes, rumah sakit, puskesmas, pustu, polindes, dan pos kesdes.

Diperkirakan vaksin untuk jatah Kabupaten Buru akan diterima sebelum 15 Januari. Pasalnya vaksinasi secara nasional dilakukan pada 13 Januari secara serentak, sementara untuk Provinsi Maluku dilakukan secara serentak pada 15 Januari.

Baca Juga: Terkait Vaksinasi, Ini Himbauan Pastoral PGI

“Prosedur vaksinasi ini yakni menggunakan aplikasi P-care, dimana setiap nakes akan dapat SMS dari BPJS. Selanjutknya setiap nakes akan lakukan reservasi melalui Aplikasi peduliLindungi/SMS Gateway untuk menentukan lokasi dan tanggal pelaksanaan vaksinasi,” rincinya.

Untuk kegiatan vaksin ini tambah Nani, telah disiapkan 5 orang tenaga vaksinator di masing-faskes.

“Sebanyak 10 vaksinator telah dilatih pada bulan Desember kemarin, dan minggu ini juga akan dilatih lagi 50 tenaga vaksinator lainnya. (S-31)