PEMERINTAH Kabupaten Malu­ku Tengah, mengapresiasi Konser Budaya Papua (KBP) anak dan re­maja Jayapura yang di gelar di Gedung Mae-oku, Masohi  Minggu, (3/7).

Apresiasi itu ditegaskan langsung oleh Bupati Maluku Tengah dalam sambutan pembukaan Konser Bu­daya Papua yang diwakili Staf ahli Bupati Bidang Pembangunan dan Kemasyarakatan, Ronald Hetaria.

“Atas nama pribadi dan Peme­rintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah saya sungguh mengapre­siasi dan menyambut baik terlak­sananya acara ini serta mengucap­kan Selamat Datang kepada seluruh peserta Wisata Rohani Anak Remaja GKI Solafode Sereh Sentani Papua di Bumi Pamahanunusa, Kota Ma­sohi Kabupaten Maluku Tengah,” tandas Tuasikal.

Dikatakan perubahan dan tanta­ngan zaman diera globalisasi telah menggerogoti integritas, moral, iman, budi pekerti, kebudayaan, per­saudaraan, dan interaksi antara setiap umat manusia di muka bumi ini. Olehnya, setiap individu yang lahir dan dalam masa pertum­buhan­nya terutama di usia anak dan remaja perlu senantiasa dibimbing dan dibekali dengan pengetahuan agama, moral dan budi pekerti serta ilmu pengetahuan dan kebudayaan yang lebih memadai.

“Sehubungan dengan itu kita semua patut bersyukur karena ke­giatan Wisata Rohani dan Konser Budaya Papua yang diselengga­rakan saat ini sangat penting dan diperlukan untuk membekali dan membimbing generasi muda gereja untuk mampu melakukan hal-hal yang positif dan produktif untuk membekali dirinya sebagai benih unggul Allah dalam menyongsong masa depan yang lebih cerah,” kata Tuasikal.

Baca Juga: Wabup Harap Gereja Tetap Bersinergi Dengan Pemerintah

Kegiatan Konser Budaya sam­bung Tuasikal merupakan salah satu cara kreatif dalam mempro­mosi­kan budaya daerah, menciptakan kreatifitas dan membentuk karakter anak dan remaja serta membangun ketahanan spiritual anak dan remaja sebagai warga Gereja dan juga warga negara Indonesia.

“Tentu kita semua harus ber­syukur sebab  melalui momentum ini,secara tidak langsung kita telah berupaya mendidik anak anak kita, para generasi muda bangsa ini,untuk terus maju, berprestasi dan berkarya dalam melanjutkan kiprah dan pengabdian bagi gereja, masyarakat, daerah, bangsa, dan negara,” je­lasnya.

Pemerintah Daerah Kabupaten Maluku Tengah sangat mengapre­siasi tinggi upaya dan kreativitas anak dan Remaja Sentani Papua untuk mengampanyekan wisata Indonesia dalam bentuk multi-aktivasi seni, mulai dari musik, tarian, hingga drama musikal.

“Kombinasi kegiatan Wisata Rohani dengan Konser Budaya seperti ini, tentunya akan memba­ngun awareness positif di berba­gai kalangan, sehingga kegiatan seperti ini diharapkan dapat memu­-puk kecintaan kala­ngan anak muda dan masyarakat umum terhadap nilai budaya asli Indonesia serta turut aktif mempromosikan Indo­-nesia melalui kekuatan budaya kita” ujarnya sembari mengha­rapkan  kiranya anak-anakku sekalian mampu memanfaatkan kegiatan ini untuk meningkatkan wawasan dan integritas diri, per­-satuan dan kesatuan dan menyu­burkan kualitas iman, sehingga pada gilirannya anak-anakku akan tumbuh menjadi generasi muda gereja yang unggul dan selalu peka, peduli, memiliki karakter, motivasi, tanggung jawab, dan kreatifitas dalam mempersiapkan diri menyongsong masa depan yang lebih baik dan berguna bagi daerah, bangsa dan negara. (S-17)