PIRU, Siwalimanews – Pemerintah Kabupaten Seram Bagian Barat menyerahkan sejumlah bantuan berupa dana hibah keagamaan.

Bantuan diberikan secara simbolis untuk pembangunan Masjid Nurul Falaq Desa Waesala Rp185 juta, pembangunan rumah Maulid Nabi Desa Buano Utara sebesar Rp 35 juta, bantuan  kepada Majelis Taklim Al-Ansor Dusun Talaga Indah Rp 15 juta, pembangunan Musholah Az-Zikra Desa Talang Indah Rp 15 juta.

Kemudian  bantuan kepada TPQ Ar’ Rahman Dusun Masika Jaya sebesar Rp 10 juta dan bantuan untuk pengurus taman pengajian Al-Quran-An-Nur Rp10 juta serta  bantuan atas nama pribadi kepada Masjid Nurul Iman Rp 10 juta.

Penyerahan bantuan dilakuan Pejabat Bupati SBB Jais Ely saat menghadiri pemasangan Tiang Alif Masjid Nurul Iman, Dusun Tita Mandiri, Desa Waesala Kecamatan Huamual Belakang, Kamis (5/9).

Bupati mengaku dengan pembangunan masjid, kita bersama-sama di dalam memenuhi panggilan shalat di masjid sekaligus juga mempertebal rasa ukhuwah islamiyah dan mempererat silaturahmi antar sesama dan menyadari akan peran dan fungsi masjid.

Baca Juga: Longboat Rusak di Perairan Tual, 6 Penumpang Dievakuasi

Menurutnya, pembangunan sebuah masjid tidak sekedar ditunjuk sebagai tempat spiritualitas ibadah semata, akan tetapi lebih dari itu.

“Masjid harus dibangun dengan beragama aktivitas yang mampu berperan dalam memberikan pembinaan kepada umat, terutama masalah pembinaan akhlak ibadah dan pembinaan sosial kemasyarakatan,” katanya.

Olehnya itu pada kesempatan itu ia mengajak  semua untuk memakmurkan masjid dan selalu  menjaga keamanan ketertiban di masyarakat.

“Hari ini juga merupakan berkah atau anugerah dari Allah SWT, karena tradisi pemancangan tiang alif pada Masjid Nurul Iman membuktikan bahwa kita mampu mengembalikan jati diri masyarakat SBB khususnya masyarakat Huamual Belakang,” tandasnya.

Untuk diketahui, pemasangan tiang alif menggunakan ritual prosesi masyarakat sebelum diserahkan kepada bupati.

Kemudian bupati bersama masyarakat diantarkan bersama-sama mengelilingi Masjid Nurul Iman sebanyak tiga kali dan kemudian diantar naik menuju tangga utama untuk dipasangkan dengan lantunan suara Adzan.

Selain menghadiri pemasangan pe­merintah daerah melalui Pejabat Bu­pati juga menyerahkan bantuan hibah keagamaan secara simbolis. (S-18)