AMBON, Siwalimanews – Gedung baru Pasar Mardika, dinilai tidak mampu mengakomodir semua pedagang ke dalamnya.

Solusi yang ditawarkan oleh DPRD adalah menambah lagi satu gedung baru agar semua pedagang bisa berjualan di dalam gedung.

Pemprov dan Pemkot Ambon segera berkoordinasi menyiapkan proposal pengusulan gedung pasar baru agar dalam waktu dekat diserahkan langsung ke Kementerian Perdagangan,” kata Ketua Komisi III DPRD Maluku Richard Rahakbauw kepada wartawan usai rapat bersama mitra di ruang komisi, Kamis (11/1).

Ia mengaku untuk melakukan penataan pedagang di Pasar Mardika maka solusinya hanya menambah satu unit gedung pasar baru.

“Memang Pemerintah Pusat sudah bangun satu unit pasar baru tapi kan kapasitasnya tidak bisa mengcover seluruh pedagang di Mardika,” ungkapnya.

Baca Juga: RS Haulussy Dirudung Masalah, Pemprov Tutup Mata, Waris Segel Lagi

Selain itu dalam kunjungan kerja Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan beberapa waktu lalu bersedia menambah satu unit gedung pasar baru.

Kesediaan Mendag tersebut kata Rahakbauw harus ditindaklanjuti dengan usulan dari pemprov dan Pemkot Ambon, sebab tanpa adanya usulan tidak mungkin janji ini ditindaklanjuti.

“Kemarin sudah dijanjikan oleh Pak Mendag jadi ini peluang baik. Apakah nanti dibangun di lokasi Lorong Tahu atau atau di terminal A1, nanti kita lihat tapi mesti ada usulan,” ingatnya.

Dalam agenda penyampaian aspirasi pekan depan, Komisi III akan menyambangi Kementerian Perdagangan untuk memperjuangkan usulan tersebut.

“Nanti ada rakornis sebab ditakutkan nanti ada lempar tanggung jawab antara Kementerian PUPR dan Kementerian Perdagangan, jadi kita totalitas untuk memperjuangkan,” harapnya. (S-20)