DOBO, Siwalimanews – Kelompok kerja opersional dan pembinaan Pos Pelayanan Terpadu (Pokjanal Posyandu) diharapkan segera dibentuk di lingkup Pemda Aru bahkan sampai ke tingkat kecamatan.

“Saya berharap, Pokjanal Posyandu di kecamatan dan Kabupaten Aru segera dibentuk, agar masyarakat bisa mendapat layanan kesehatan,” pinta Ketua TP-PKK Provinsi Maluku Ny. Widya Pratiwi Murad saat menghadiri sosialisasi Pokjanal Posyandu dan Pilot Project Keluarga Sehat Tanggap dan Tangguh Bencana di lantai II Kantor BPKAD Aru, Selasa, (21/9).

Menurutnya, TP-PKK adalah mitra kerja pemerintah yang berfungsi sebagai fasilitator, perencana dan penggerak, dan  sehubungan dengan upaya percepatan penurunan stunting, pihaknya pun berperan melalui pemberdayaan masyarakat, yaitu penguatan 1000 hari pertama kehidupan dengan memaksimalkan peran Posyandu di masyarakat.

Selain itu, agar tumbuh kembang anak bisa terpantau, maka di Posyandu, dilakukan penimbangan berat badan, deteksi dini gangguan pertumbuhan, penyuluhan dan konseling gizi, pemberian makanan tambahan dan pemberian suplementasi kapsul vitamin A dan tablet Fe.

“Selain itu, di Posyandu juga dilakukan upaya pencegahan penyakit dengan cara melakukan imunisasi bagi ibu hamil dan anak-anak. Juga ada program pencegahan diare melalui perilaku hidup bersih dan sehat serta layanan program KB,” ucapnya.

Baca Juga: Kejati Maluku Salurkan 500 Paket Sembako

Agar kegiatan Posyandu bisa berjalan maksimal kata Widya, perlu ada wadah yang melakukan pembinaan Posyandu yang disebut dengan Pokjanal Posyandu. Wadah ini berfungsi melakukan pembinaan, penyelenggaraan dan pengelolaan Posyandu.

Untuk mencapai target percepatan penurunan stunting, TP-PKK Pusat telah mencanangkan pilot project keluarga sehat, tanggap dan tangguh bencana, sehingga diharapkan, pengurus TP-PKK di tingkat kecamatan dan kabupaten, dapat melakukan pembinaan dan memfasilitasi pemerintah desa perihal penurunan kasussStunting.

Usai menghadiri Sosialisasi Pokjanal Posyandu, Widya didampingi Ketua TP-PKK Aru Cherly Oesia Gonga dan Inaya Ohoitenan/Sogalrey Istri Wakil Bupati Aru mengunjungi Kelompok Dasa Wisma Cenderawasih di RT 003/RW 001, Kelurahan Galau Dubu. (S-25)