AMBON, Siwalimanews – Langkah pemerintah negeri dan masyarakat Hative Besar patut dicontoh oleh desa dan negeri di Kota Ambon.

Betapa tidak, icon Kota Ambon yakni Monumen Ambon City of Music yang terlihat kusam dan tak terurus, kini sudah berganti wajah setelah dibersihkan dan dicat, Rabu (31/7)

Pemerintah negeri bersama dengan masyarakat beramai-ramai melakukan pembersihan dan pengecatan. Hadir juga Sekot Ambon Agus Ririmasse ditengah-tengah kegiatan tersebut.

Sekot Ririmasse mengaku menjaga dan merawat fasilitas umum bukan menjadi tugas pemerintah semata tapi juga dibutuhkan partisipasi masyarakat.

“Masyarakat secara swadaya melakukan pembersihan dan pengecatan Monumen Ambon City of Music yang merupakan icon Kota Ambon. Saya lihat cat semakin pudar sementara monumen ini adalah pintu gerbang masuk Kota Ambon,” kata Ririmasse.

Baca Juga: Bawaslu Sulit Awasi Ratusan TPS Masuk Blank Spot

Menurutnya saat melantik ketua RT/RW se-Hative Besar beberapa waktu lalu ia juga sudah menginstruksikan Kepada Kepala Pemerintah Negeri Erick Van Room bersama jajaran untuk melakukan pembersihan dan pengecatan agar terlihat indah.

Lanjutnya, dalam tiga hari instruksi dilakukan melalui tindakan pengecatan oleh pemerintah negeri, perangkat RT serta masyarakat dan berjalan dengan baik.

“Jadi tak hanya monumen acom yang dibenahi, juga kios yang ada disekitarnya nantinya dapat ditata agar tidak terkesan kumuh,” harapnya.

Dirinya juga meminta pemerintah negeri dapat melakukan inovasi terhadap icon tersebut sehingga dapat menambah pemasukan bagi kas daerah.

“Bagaimana pemerintah negeri dapat membuat sesuatu yang menarik orang datang kesini, sebab masih ada ruang dibawa monumen ini yang dapat dibuat tempat nongkrong menikmati musik dan lainnya,” pintanya.

Ia mengajak warga kota agar dapat mencontohi apa yang dilakukan pemerintah negeri dan masyarakat Hative Besar dalam kebersamaan merawat kota agar lebih bersih dan elegan desain julukan sebagai kota Manise.

“Apa yang dilakukan ini harus menjadi contoh bagi desa dan negeri untuk membantu pemerin­tah menjaga dan merawat kota ini,” tandasnya. (S-09)