BULA, Siwalimanews – PELAYANAN kesehatan kepada masyarakat di Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) menjadi prioritas Dinas Kesehatan setempat. Hal ini sejalan dengan program prioritas Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas dan Wakil Bupati SBT Idris Rumalutur dalam memberikan pelayanan kesehatan yang efektif.

“Kami fokuskan pada program prioritas Pemda SBT terutama dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat,” ungkap Plt Kepala Dinas Kesehatan, Samun Rumakabis, kepada Siwalima, kemarin.

Dijelaskan, dalam menjalankan tugas sebagai Plt Kepala Dinas harus dengan niat yang baik dan hati yang bersih. Hal ini tentu mendorong semangat untuk memajukan daerah ini dari sektor kesehatan yang lebih baik kedepan.

“Kami akan bekerja dengan niat yang baik, agar semangat juang untuk memajukan daerah ini lebih baik kedepan selalu tertanam,” kata Rumakabis.

Untuk memajukan daerah dari sisi kesehatan, Rumakabis meminta kerja sama semua pihak terutama kerjasama dari tenaga kesehatan mulai dari RSU, Dinas Kesehatan dan sampai pada jajaran puskesmas pembantu.

Baca Juga: Tomagola Optimis Peroleh Predikat Pengelolaan Keuangan Daerah

“Dengan begitu, pelayanan akan selalu terbangun dengan baik,” katanya.

Sementara itu, untuk meningkatkan serta mengantisipasi minimnya tenaga kesehatan. Rumakabis berencana untuk ditahun depan akan menghadirkan tenaga intensif yang dulu dikenal dengan tenaga kontrak kesehatan.

Hal ini dilakukan guna memaksimalkan pelayanan kesehatan mulai dari tingkat kabupaten sampai pada tingkat desa.

“Kami akan upayakan agar bisa anggarkan dana untuk tenaga intensif, supaya bisa menyebar sampai ditingkat desa,” terangnya.

Dikatakan, menciptakan pelayanan kesehatan masyarakat yang efektif ini bagian dari visi dan misi bupati dan sebagai bawahan yang loyal kepada bupati dan wakil bupati. maka tentu mengutamakan program prioritas atau dikenal dengan visi dan misi bupati dan wakil bupati SBT.

“Prinsipnya sebagai bawahan bupati, patut untuk mengutamakan program prioritas di sektor kesehatan. Olehnya, pelayanan kemasyarakatan menjadi prioritas Dinas Kesehatan,” tandasnya. (S-47)