AMBON, Siwalimanews – Gubernur Maluku Murad Ismail dikabarkan akan melantik Sadli Ie sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Maluku yang definitif pada, Senin (19/12).

Informasi dihimpun Siwalimanews di Kantor Gubernur menyebutkan, pelantikan Sadli Ie sebagai Sekda Maluku yang definitif akan berlangsung di Gedung Islamic Center, Waihaong Ambon pukul 13.00 WIT.

Hal dikuatkan dengan adanya undangan pelantikan Sekda Maluku yang yelah disebarkan ke Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, para pimpinan OPD di Lingkup pemprov Maluku serta pimpinan instansi terkait.

Pelantikan Sadli menjawab kekosongan jabatan Sekda Maluku yang definitif, setelah sebelumnya Sadli dilantik berdasarkan SK Gubernur Nomor 141/2022 tertanggal 18 Januari 2022  tentang pengangkatan Penjabat Sekda Maluku.

Sadli sebelumnya juga menjabat Plh Sekda Maluku sejak 19 Juli 2021 berdasarkan SK Gubernur Maluku No: 841.5-366 tertanggal 16 Juli 2021 menggantikan Kasrul Selang yang kini menjabat Widyaiswara Utama pada Pemerintah Provinsi Maluku.

Baca Juga: Lakukan Perbuatan Melawan Hukum, Latarisa Gugat Sohilait

Sebelum penetapan Sadli Ie sebagai Sekda Maluku oleh Mendagri, pemprov menyelenggarakan seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi madya.

Dari hasil seleksi yang dilaksanakan panitia seleksi yang dipimpin Rektor Unpatti Prof MJ Saptenno, terdapat tiga nama yang mendaftar, yaitu Penjabat Sekda Maluku Sadali Ie, Kepala BKD Jasmono dan Kepala BPSDM Hadi Sulaiman.

Ketiga nama tersebut kemudian mengikuti seluruh tahapan seleksi, mulai dari seleksi administrasi dan penelusuran rekam jejak, tes kesehatan, seleksi kompetensi managerial, sosial kultural dan kompetensi teknis serta tahapan wawancara akhir.

Dari seluruh tahapan tersebut, Pansel kemudian menyampaikan ke Pemprov Maluku dalam hal ini Gubernur untuk diteruskan ke Mendagri.(S-20)