AMBON, Siwalimanews – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Provinsi Maluku, resmi buka penjaringan Bakal Calon Kepala Daerah, Wakil Kepala Daerah di Maluku,

untuk persiapan Pemilihan Kepala Daerah serentak yang akan berlangsung 27 November 2024 mendatang.

Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Maluku, Benhur G Watubun, kepada Wartawan, di Sekretariat DPD PDI Perjuangan, Karang Panjang, Ambon, Senin (15/4) mengatakan, proses penjaringan ini sesuai instruksi DPP PDI Perjuangan nomor 6027.

“Kita resmi buka penjaringan ini mulai dari tanggal 17 dan berakhir di 30 April 2024. Tapi jika ada hal-hal yang dibutuhkan, maka proses pada tahapan ini akan kita perpanjang,”ujarnya.

Dijelaskan, proses ini akan dilakukan oleh Tim Sembilan yang diketuai James Maatita, Nancy Purmiassa selaku Sekretaris, dan Jafry Taihuttu sebagai Bendahara. Ditambah beberapa anggota lainnya.

Baca Juga: PDIP Pasang Kriteria Khusus bagi Non Kader

“Ada pa Roby Tutuhatunewa, Amin Buton, Deby Latuconsina, Johan Rahangtoknam, Hendrik Sahureka dan lainnya yang tergabung dalam tim sembilan,”jelasnya.

Ditambahkan, dalam aroma demokrasi ini, setelah perhelatan Pileg kemarin dan PDI Perjuangan berhasil keluar sebagai pemenang dengan menyumbang 8 kursi pada DPRD Provinsi Maluku, maka dengan modal itu, PDI Perjuangan membuka ruang bagi semua rakyat, kader bangsa, kader partai, yang memiliki kapasitas, kapabilitas dan yang terpenting tidak cacat di partai, untuk mendaftar.

Ditempat yang sama, Ketua Tim Penjaringan, James Maatita juga mengatakan, bahwa proses pengambilan hingga pengembalian formulir pendaftaran Balon Gubernur-Wakil Gubernur dan Balon Bupati/Walikota dan Wakil Bupati/Wakil Walikota, akan berlaku selama 14 hari. Dan ini berlaku serentak di 11 kabupaten/kota di Maluku.

“Setiap balon kepala Daerah dan wakil kepala daerah yang mendaftar ke PDI Perjuangan, bisa dengan datang secara langsung atau bisa diwakilkan, tapi harus disertakan surat mandat dari balon yang bersangkutan,”ujarnya.

Sementara Sekretaris Tim, Nancy Purmiassa juga menambahkan, tim akan bekerja sesuai jadwal yang telah ditetapkan oleh DPP PDI Perjuangan,  yang mana per 31 Mei 2024, proses tahapan penjaringan dan penyaringan tingkat DPD, telah selesai. (S-25)