AMBON, Siwalimanews – Perpustakaan dapat membantu mencerdaskan kehidupan masyarakat. Olehnya dibutuhkan orang-orang yang terampil untuk mengelola buku sesuai standar klasifikasi.

“Jadi, sebelum buku ditata di perpustakaan, harus melewati pentahapan. Nah, pentahapan inilah yang harus diketahui oleh para pengelola perpustakaan. Misalnya buku harus diperiksa terlebih dahulu kemudian diberikan stempel, dicatat dan diklasifikasi sesuai nomor klasifikasinya,” ungkap Kabid Pembinaan Pengembangan pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Ambon, Ivone Lidya Pattimahu saat membuka acara bimbingan teknis (Bimtek) Kamis (12/11).

Dikatakan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Ambon menggelar  bimbingan teknis lanjutan tentang strategi pengembangan perpustakaan berbasis inklusi sosial.

Bimtek lanjutan ini digelar dengan tujuan utama adalah bagaimana cara mengolah buku sesuai standar klasifikasi.

“Jadi, sebelum buku ditata di perpustakaan, harus melewati pentahapan. Nah, pentahapan inilah yang harus diketahui oleh para pengelola perpustakaan.

Baca Juga: DPRD Sesalkan Pemprov Belum Serahkan KUA-PPAS

Misalnya buku harus diperiksa terlebih dahulu kemudian diberikan stempel, dicatat dan diklasifikasi sesuai nomor klasifikasinya. (Cr-5)