AMBON, Siwalimanews – Pencairan dana gempa bumi tahun 2019 masih belum berakhir. Untuk tahap kedua segera akan dilaksana­kan akhir Agustus depan, setelah pencairan tahap pertama rampung.

“Tahap kedua menunggu kita punya laporan pertanggung jawa­ban sampaikan ke BNPB sehingga kita melakukan permohonan kembali untuk tahap kedua,” ungkap Sek­retaris Badan Penaggulangan Ben­cana Daerah (BPBD) Kota Ambon, Eva Tuhumury, kepada wartawan, di Balai Kota, Selasa (27/7).

Tuhumury membeberkan, penya­luran dana bantuan gempa tahap ke II diperkirakan dapat berjalan di akhir Agustus atau awal September 2021 ini. “Akhir Agustus sudah bisa di­pastikan. Taruhlah akhir Agustus, atau September itu kita sudah bisa lanjutkan ke tahap II,” katanya.

Lanjutnya, untuk total penerima ditahap ke-II mengalami pening­katan dari sebelumnya yang ter­daftar ada 1.800 KK kini naik menjadi 2.000 KK penerima dana bantuan gempa bumi tahun 2019.

Ditanya terkait dengan kendala apa sehingga terjadi pemunduran terhadap pencairan tahap ke-II. Tuhumury mengungkapkan, hal tersebut dikarenakan pencairan tahap pertama tak kunjung usai.

Baca Juga: DPRD Siap Awasi Pembayaran Insentif Nakes

“Sampai dengan saat ini, tim masih melakukan pendataan terkait de­ngan rumah bangun mandiri yang masih belum menyelesaikan data­nya,” beber Tuhumury.

Untuk progresnya sendiri, kata Tuhumury sudah hampir 90 persen dari total bangun mandiri yamg belum selesaikan datanya sehingga, dirinya memastikan akhir bulan Juli pencairan sudah dapat dilakukan.

“Tim sedang melakukan penilaian dan di akhir bulan Juli ini kita sudah buka blokir karena saat ini dana sudah ada hanya saja masih diblokir sampai datanya terverifikasi,” tandas Tuhumury.

Dirinya optimis tak menunggu wak­tu lama apabila seluruh dana te­lah di­cairkan, dan proses laporan usai dibe­rikan ke Badan Penanggu­langan Ben­cana Nasional (BNPB) RI maka segera akan berlanjut ke tahap II. (S-52)