Pasca Pohon beringin berukuran besar yang tumbang dikawasan Air Salobar, Kecamatan Nusaniwe tumbang, kini akses jalan dari dan ke Amahusu kini mulai kembali lancar.

Kapolsek Nusaniwe Eggy Sahilatua yang turun langsung di lapangan bersama personelnya, kepada Siwalimanews, Rabu (24/2) menjelaskan, pohon besar ini tumbang akibat angin kencang disertai hujan yang turun sekitar pukul 13.30 WIT.

“Kejadian pohon tumbang ini tadi siang sekitar pukul 13.30 WIT disaat hujan disertai angin kencang,” ucap Kapolsek.

Kejadian ini tidak sampai menimbulkan korban jiwa. Namun terdapat satu unit sepeda motor milik warga yang sementara berteduh atas nama Hasim Souwakil (29 ) rusak akibat tertimpa dahan pohon.

“Untuk rumah warga tidak ada yang rusak, namun kemungkinan kabel milik Telkom alami kerusakan, karena batang pohon mengenai kabel yang tergantung,” ucapnya.

Baca Juga: Cegah Kenakalan Remaja, Bhabinkamtibmas Sambangi Sekolah

Saat ini kata Kapolsek warga bersama, personel TNI dan Polri serta petugas Damkar Kota Ambon masih terus berupaya untuk membersihkan jalan dari batang pohon serta ranting yang menutupi jalan.

“Arus transportasi sudah mulai jalan, walaupun masih tersendat, tapi kita berupaya mudah-mudahan sebentar sudah lancar arus transportasinya,” ujar Kapolsek.

Pada kesempatan itu, ia mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap situasi kondisi alam yang terjadi saat ini .

“Sewaktu-waktu perubahan cuaca dengan secepatnya tidak dapat kita lihat, tiba-tiba panas dan bisa berubah tiba-tiba juga hujan, sehingga kita berharap warga selalu waspada,” himbaunya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Ambon, Edwin Pattikawa mengaku, akibat pohon tumbang ini sempat mengakibatkan kemacetan kurang lebih dua jam, dikarenakan akses jalan tertutup.

“Memang saat kejadian akses jalan tertutup, namun saat ini masyarakat bersama TNI dan Polris erta petugas Damkar bahu-membahu mulai memtong pohon yang tumbang itu sehingga akses jalan mulai bisa dilewati walaupun tak lancar seperti sebelunya,” ucap Pattikawa.

Ia mengaku, pembersihan masih terus dilakukan hingga akses jalan di kawasan ini benar-benar lancar seperti sediakala.

“Kita akan terus lakukan pembersihan, kemungkinan 2-3 jam kedepan sudah bersih, sehingga akses transportasi kembali lancar seperti sediakala,” harapnya.

Hasim Souwakil (29) pemilik sepeda motor yang rusak tertimpa dahan pohon kepada Siwalimanews menuturkan, sebelum pohon tumbang, ia sementara berteduh dari hujan di samping kiri jalan, tiba-tiba pohon beringin besar yang berada disamping kanan jalan langsung tumbang dan menimpa sepeda motornya.

“Waktu pohon tumbang beta capat-capat lari selamatkan diri. Untung saja beta tidak tertimpa, hanya beta pung body motor yang rusak terkena batang pohon,” tuturnya.

Pantauan Siwalimanews di loaksi kejadian, terlihat personel TNI dan Polri yang dipimpin langsung Kapolsek Nusaniwe bersama personel Damkar Kota Ambon dan masyarakat, secara gotong royong memotong batang dan dahan pohon yang tumbang mengunakan mesin senso. (S-51)