AMBON, Siwalimanews – Berbeda dengan tahun sebelumnya, pelaksanaan paripurna istimewa DPRD Provinsi Maluku dalam rangka HUT Provinsi Maluku ke-78 bakal tahun ini akan digelar di Kota Masohi.

Kepastian pelaksanaan paripurna ini diungkapkan Ketua DPRD Maluku Benhur Watubun kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Rabu (16/8).

Benhur menjelaskan, Kabupaten Maluku Tengah merupakan salah satu kabupaten tertua di Maluku yang lahir pada 3 November 1957 yang merupakan kabupaten pertama yang menjadi tuan rumah perayaan HUT provinsi setelah selama ini dilakukan di Kota Ambon.

“Pengalihan rapat paripurna HUT Provinsi Maluku di Kota Masohi sebelumnya telah diagendakan gubernur dan mantan Ketua DPRD Maluku Lucky Wattimury, artinya jauh sebelum dinamika pembahasan LPJ Gubernur 2022,” ujar Watubun.

Menurutnya, semangatnya pengalihan tempat paripurna HUT RI guna melihat langsung progres pembangunan dan potret kemiskinan di kabupaten dan kota sehingga menjadi perhatian serius DPRD.

Baca Juga: Dokter Spesialis di RSUD Haulussy Kembali Mogok

Pemindahan paripurna HUT provinsi merupakan hal biasa, sebab telah dilakukan dibeberapa daerah.

“Kalau kita gelar HUT di Tiakur ibukota MBD, adalah sebuah langkah maju agar kita dapat melihat langsung perkembangan satu daerah seperti apa. Begitu juga di Bursel. Jadi potret kemiskinan, di Provinsi Maluku ini juga dilaksanakan secara utuh,” tegasnya.

Politisi PDIP Maluku ini berharap, dengan pelaksanaan paripurna HUT di luar Kota Ambon, DPRD akan dorong kebijakan yang pada wilayah-wilayah yang selama ini belum tersentuh.

Untuk itu ia memastikan pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemprov Maluku terkait rencana rapat paripurna HUT Provinsi Maluku guna suksesnya perayaan HUT ke-78 tahun 2023.(S-20)