AMBON, Siwalimanews – Panglima TNI, Jenderal Andika Perkasa mempersilahkan revitalisasi Benteng Victoria dan pemindahan hak kepemilikan dari TNI ke Pemerintah Daerah.

Benteng Victoria yang merupakan salah satu cagar budaya yang dimiliki Kota Ambon.

“Sejak ketemu tahun lalu itu, saya sudah sepakat untuk silahkan Benteng Victoria direvitalisasi,” ujarnya dalam konferensi pers yang berlangsung di Tribun Lapangan Merdeka, Kamis (9/12).

Apabila, lanjutnya dipikir oleh masyarakat bahwa TNI memperlambat proses pemindahan hak kekuasaan, rasanya itu tak benar. Sebab, yang mengikat kedua belah pihak adalah Kementerian Keuangan.

Dirinya yakin, Benteng Victoria khususnya ketika sudah direvitalisasi, akan jauh lebih besar manfaatnya bagi masyarakat apabila dikelola oleh Pemkot Ambon kedepannya.

Baca Juga: Wendy: Sudah 86 Persen Warga Ambon Divaksin

“Kami sangat mendukung. Soal status yang kami juga sudah berusaha. Intinya kami pindah kemanapun okelah, tidak apa-apa. Nggak ada dari kami untuk menghambat atau memperlambat,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Walikota Ambon Richard Louhenapessy mengatakan dukungan Panglima TNI sudah jelas, tinggal berproses lebih lanjut saja.

“Terakhir pa Panglima sudah bilang ke Pangdam XVI Pattimura untuk kawal betul proses Benteng Victoria,” jelasnya singkat. (S-52)