PIRU, Siwalimanews – Guna meningkatkan pengembangan sumber daya manusia bagi tenaga keolahragaan, khususnya olahraga sepak bola Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten SBB menggelar pelatihan.

Kegiatan yang dipusatkan di Amboina Hotel, Kota Piru, Kamis (9/12), merupakan kegiatan tahunan untuk memberikan bekal kepada para calon wasit dan juri agar dapat memimpin pertandingan dengan baik, di tingkat kecamatan maupun kabupaten.

Bupati SBB Timotius Akerina dalam sambutannya yang dibacaka Asisten I Sulaiman Kibas sekaligus membuka kegiatan itu mengatakan, sepak bola menjadi salah satu olahraga yang sangat digemari di tanah air, khususnya di SBB.

“Sepakbola bukan sekadar olahraga yang bisa menyegarkan badan, tetapi turut mempersatukan bangsa,” kata bupati.

Di Indonesia kata bupati, walaupun sepak bola menjadi olahraga yang sangat-sangat diminati oleh masyarakat, namun perlu dibenahi, baik secara internal organisasi maupun eksternal.

Baca Juga: Diduga Seleksi Eselon III Lingkup Kanwil Agama Sarat Nepotisme

“Wasit dan juri notabene memiliki peranan vital dalam suatu pertandingan, sehingga mereka harus memiliki pengetahuan dan ketrampilan dalam pengambilan keputusan secara tegas, tepat dan meyakinkan,” ucapnya.

Dalam memandang realitas ini, ia Bupati berharap para peserta yang mengikuti pelatihan dapat sungguh-sungguh memahami tiap materi yang disampaikan para instruktur.

Kedepan menurutnya wasit dan juru dapat berkompeten dan memberikan kontribusi positif demi pengembangan tenaga keolahragaan. “Dengan pelatihan wasit dan juri ini, maka akan semakin besar pula kesempatan para peserta pelatihan di SBB ini untuk meraih prestasi,” harapnya. (S-48)