AMBON, Siwalimanews – Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Marga Taufiq meresmikan, Sanggar Pramuka Saka Wira Kartika Kodam XVI/Pattimura bertempat di Mako Denkav 5/ Blc, Jln. Slamet Riyadi, Kel Uritetu, Kec Sirimau, Kota Ambon, Rabu (24/06/20).

Pelaksanaan peresmian sanggar tersebut tetap mengutamakan protokol kesehatan Pandemi Virus Covid-19.

Dalam sambutannya, Pangdam mengucapkan terima kasih kepada seluruh komponen yang sudah bekerja keras, sehingga peresmian Sanggar Pramuka Saka Wira Kartika Kodam XVI/ Pattimura ini dapat berjalan dengan aman dan lancar, walaupun di tengah Pandemi Virus Covid-19.

Pangdam mengatakan, Sanggar Pramuka Saka Wira Kartika Kodam XVI/Pattimura merupakan, salah satu upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kesadaran bela negara dan karakter bagi kaum muda melalui pembinaan Gerakan Pramuka Saka Wira Kartika yang merupakan pembinaan khusus untuk membekali keterampilan Matra Darat bagi Pramuka.

Selain itu, pembangunan dan peresmian sanggar ini adalah wujud kepedulian Kodam XVI/Pattimura kepada gerakan pramuka di wilayah Maluku, yang belum memiliki Sanggar Pramuka sebagai sekretariat dan tempat untuk berekspresi serta berkreasi.

Baca Juga: Brimob Maluku Terus Berupaya Cegah Penyebaran Covid-19

Dalam pelaksanaannya, Sanggar Pramuka Saka Wira Kartika memiliki lima Krida antara lain, Krida Navigasi Darat, Krida Pioneer, Krida Mountaineering, Krida Survival dan Krida Penanggulangan Bencana.

Manfaatkan sanggar ini dengan sebaik-baiknya sebagai tempat penyelenggaraan dan pusat pengendali setiap kegiatan Pramuka Saka Wira Kartika yang berkelanjutan di wilayah Kodam XVI/Pattimura untuk menuangkan kreatifitas, inovasi dan meningkatkan kemampuan atau keterampilan perorangan baik tingkat Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega serta tempat pembinaan Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan dalam kepramukaan”, harap Pangdam.

Untuk diketahui, dalam peresmian tersebut Kasdam XVI/Pattimura  Brigjen TNI Gabriel Lema,  Kapok sahli Pangdam XVI/Pattimura, Danrem 151/Binaiya, Para asisten , Kabalak dan Dansat jajaran Kodam XVI/Pattimura, Ketua persit KCK PD XVI/Pattimura, Kadis Pendidikan Prov Maluku, Kadis Pendidikan Kota Ambon, Sekretaris Kwarda Maluku, Kepala Kwarcab Kota Ambon dan Pemerintah Negeri Latuhalat. (S-19)