AMBON, Siwalimanews – Kodam XVI Pattimura menggelar acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H yang dihadiri oleh pangdam Mayjen TNI Syafrial, sejumlah pejabat utama dan jajaran kodam, di Masjid Al-Ijtihad Belakang Kota, Rabu (11/10).

“Peringatan Maulid ini, hendaknya menjadi wahana untuk mengukur sejauh mana kita meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat meningkatkan amal ibadah dan ketaqwaan kita kepada Allah SWT,” kata Pandam dalam memberikan sambutan.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan ini mengusung tema “Menebar Empati, Memperkuat Silaturahmi dan Bertekad Menjadi Teladan”.

Melalui tema tersebut, Pangdam menegaskan, hendaknya peristiwa ini dapat memotivasi untuk senantiasa meneladani sosok Nabi Muhammad SAW dalam segala aspek kehidupan, baik dalam kedinasan, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Sementara itu, penceramah Ustadz Arsal Tuasikal dalam ceramahnya mengatakan, sejarah Islam tak hanya mencatat sosok Muhammad SAW sebagai seorang utusan Allah yang berakhlak mulia tanpa cela, tapi juga sosok pahlawan besar.

Baca Juga: Rehatta Klaim Pengangkatan Calon Raja Soya tak Tabrak  Aturan

Lanjutnya dalam banyak perjuangan membela Islam, Rasulullah adalah prajurit Allah yang gagah perkasa dan panglima perang yang bersahaja.

“Tidak hanya sebagai tentara, Nabi juga adalah seorang pang­-lima perang yang bersahaja. Da­-lam memimpin perang, beliau selalu berpegang pada ketentuan Allah SWT, hendaknya itulah yang patut kita teladani baik sebagai pemimpin maupun bawahan,” ujarnya.

Hadir dalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H, Kasdam XVI Pattimura Brigjen TNI Agung Pambudi, Irdam XVI Pattimura Brigjen TNI Dadang Rukhiyana, para asisten, Kabalak dan Dansat jajaran Kodam XVI Pattimura yang beragama muslim.

Turut hadir, Ketua Persit KCK PD XVI Pattimura Shinta Syafrial, Wakil Ketua Persit KCK PD XVI Pattimura Nini Agung Pambudi beserta pengurus. (S-09)